Siswa Belajar Langsung di Bengkel

284
0
TEACHING FACTORY. Wakil Kepala SMK Manangga Pratama bidang Kesiswaan An An Budiana MPdI (kiri) bersama Tim TEFA menunjukkan bengkel Mitra AHASS. FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan, SMK Manangga Pratama Tasikmalaya me-launching Bengkel Mitra Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di halaman SMK Manangga Pratama Tasikmalaya Jumat (20/12).

Pembukaan bengkel mitra AHASS ini sebagai penyelarasan kurikulum Teaching Factory (TEFA) untuk jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Ketua Tim TEFA SMK Manangga Pratama Tasikmalaya Ami Miftahul Lukman Nuryadin ST mengatakan tujuan diresmikannya bengkel ini agar siswa bisa mempelajari langsung pekerjaan otomotif yang sesuai standar operasional prosedur (SOP) di dunia industri.

“Dengan diresmikannya bengkel TEFA ini merupakan jembatan dari dunia industri sehingga membawa budaya industri ke sekolah,” kata dia kepada Radar, Kamis (26/12).

Selain itu, TEFA juga mampu mengembangkan pembentukan karakter sesuai dengan standar dunia industri. Dengan begitu, sambungnya, siswa bisa merasakan pengalaman di dunia industri yang sebenarnya.

Di bengkel tersebut siswa dan guru bisa menambah pengetahuan tentang penanganan sepeda motor, sehingga siswa bisa mengetahui bagaimana situasi bekerja sesuai kondisi di lapangan.

Loading...

“Anak-anak yang masuk di bengkel TEFA ini adalah siswa yang sudah memiliki skill dan mampu melakukan pekerjaannya sesuai SOP dunia industri,” ujar dia.

Selain itu, bengkel TEFA dapat menanamkan jiwa wirausaha siswa. Misalnya, ketika siswa bisa membawa konsumen akan mendapatkan insentif yang bisa dicairkan satu bulan sekali. “Kita akan siapkan lulusan tidak hanya sebagai pekerja, tapi harus bisa berwirausaha. Nah, untuk membangkitkan kepercayaan diri siswa dalam berwirsausaha dipupuk dari sekarang,” katanya.

Ia menambahkan, bengkel TEFA mempunyai produk yang bisa digunakan untuk masyarakat dalam hal keamanan sepeda motor dan meningkatkan pelayanan service sepeda motor. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.