Siswa SD IT Tasikmalaya Dilatih Simulasi Tanggap Bencana

10

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Siswa SD IT dan SMP IT At Taufiq Al Islamy Tasikmalaya mengikuti kegiatan sosialisasi dan simulasi tanggap bencana gempa Selasa-Rabu (8-9/10). Simulasi ini dipimpin tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya.

Kepala SD IT At Taufiq Al Islamy Tasikmalaya Anna Sholehah SKM menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan praktek kepada peserta didik bagaimana cara berlindung dan menyelamatkan diri apabila sewaktu-waktu terjadi bencana gempa.

“Seperti yang kita tahu bahwa saat ini sedang rawan bencana, seperti yang terjadi di Lombok dan Palu. Untuk antisipasi kami laksanakan sosialisasi dan simulasi bencana bersama BPBD Kota Tasikmalaya, agar anak-anak juga tahu dan faham bagaimana harus bertindak jika ada gempa,” tutur Anna kepada Radar, Jumat (12/10).

Pada hari pertama, kata ia, dilakukan penyampaian materi, sedangkan hari kedua dilakukan simulasi. “Saat sosialisasi anak-anak menyimak dengan baik, apalagi saat simulasi semua anak antusias,” katanya.

Dengan kegiatan ini, anak sejak dini sudah diajarkan untuk menyelamatkan diri, pemahaman itu bisa anak-anak bagi dan bisa dibawa hingga mereka dewasa, ini jadi pengalaman yang berharga bagi anak.

Anna berharap melalui pendidikan tanggap bencana sebagai upaya preventif mengurangi resiko bahaya apabila terjadi bencana.

“Selama ini kita mungkin sering mengabaikan pengetahuan itu, padahal itu sangat penting,,” ungkap Anna. (ais)

loading...