Siswa SD-SMP se-kota Tasik Siap Berkompetisi di O2SN

155
0
SEMANGAT. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf membuka kompetisi KSN, O2SN, FLS2N, ABSD dan Pentas PAI tingkat Kota Tasikmalaya di Stadion Wiradadaha Rabu (4/3). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA
SEMANGAT. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf membuka kompetisi KSN, O2SN, FLS2N, ABSD dan Pentas PAI tingkat Kota Tasikmalaya di Stadion Wiradadaha Rabu (4/3). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sebanyak 2.977 kontingen siswa jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) siap mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Apresiasi Bahasa dan Sastra Daerah (ABSD) dan Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Kota Tasikmalaya 2020.

Pembukaan kompetisi digelar di Kompleks Olahraga Dadaha Rabu (4/3). Dihadiri oleh Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman, Wakil Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf, Sekda Kota Tasikmalaya H Ivan Dikcsan, Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu SH, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiaman Sanusi SSos, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Hadian dan lainnya.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengatakan pada era keterbukaan saat ini pemerintah dan stakeholder bersama-sama dalam menggali dan mengembangkan minat dan bakat siswa, baik akademik atau non akademik.

Baca Juga : Simulasi dan Cek Sapras UNBK Tingkat SMP se-Kota Tasik

Kompetisi-kompetisi tersebut, sambungnya, sebagai wadah apresiasi agar siswa memiliki potensi bakat dan minat di bidang olahraga, sains, seni tradisional ataupun keagamaan.

“Ajang ini sebagai prestasi dan pembinaan siswa dari tingkat SD sampai SMP dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tasikmalaya,” katanya Rabu (4/3).

Ia mengatakan, penting sekali untuk menghadirkan SDM unggul ini. Caranya sekolah harus mampu berprestasi dan berkompetisi dengan sekolah lain. Jika tidak, sambungnya, maka sekolah di Tasik bisa tertinggal dari sekolah daerah lainnya.

Loading...

“Peserta didik dapat mendapatkan pelajaran yang utuh sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya sehingga mampu mempersiapkan SDM yang andal dan bermutu,” ujar dia.

Kompetisi yang digelar ini punya nilai esensial yakni sebagai ajang pembelajaran olah pikir, olah hati, dan olah rasa serta pengembangan sikap siswa.

“Ini momentum tepat untuk siswa berkreasi, berinovasi serta berkompetisi secara sehat,” katanya.

Semua kegiatan itu, sambungnya, mampu mencerdaskan dan membentuk karakter siswa.

“Sejak di bangku sekolah anak harus ditumbuhkan optimisme dan ikhtiar sehingga ke depannya mampu berdaya saing,” ujarnya.

Misalnya O2SN, kata ia, ajang ini memberikan kesempatan siswa untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, serta menghasilkan prestasi non akademik.

Selanjutnya KSN, merupakan wahana bagi siswa SD sampai SMP untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang matematika dan IPA agar mampu berkreasi dan inovasi sesuai dengan kemampuannya.

“Menjaring bibit yang unggul untuk kompetisi yang lebih tinggi lagi di bidang sains tingkat nasional bahkan internasional,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiaman Sanusi SSos menjelaskan pada kompetisi yang dilakukan setiap tahun ini siswa disaring berjenjang dari kecamatan sampai kota. Kompetisi ini, dapat meningkatkan kualitas siswa SD dan SMP.

Siswa pun mampu mengembangkan potensi dan karakter melalui penghayatan dan penguasaan seni, olahraga dan pengembangan ilmu sains-nya.

“Ajang ini untuk memacu daya saing dan kreativitas serta sportivitas anak dalam olahraga dan menambah kemampuan penguasaan ilmu sosial dan sains,” katanya.

Ia pun berharap siswa bisa berprestasi di tingkat nasional hingga internasional. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.