Siswa SMAN 2 Kota Tasik Melaju ke Ajang PBB

2276
0
istimewa BANGGA. Siswa SMAN 2 Tasikmalaya Prayoga Nugraha Arcadia Suharto akan mewakili Indonesia dalam Forum Global Youth Models United Nation PBB Juli mendatang. Tema yang diangkat mengenai perdamaian dunia.

TASIK – Siswa SMAN 2 Tasikmalaya Prayoga Nugraha Arcadia Suharto berhasil lolos mewakili Indonesia dalam Forum Global Youth Models United Nation Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ajang internasional bertema Empowering Youth, Pursuing Global Peace ini rencananya berlangsung di Kuala Lumpur pada 17-20 Juli 2020.

Forum tersebut diikuti delegasi dari seluruh negara di dunia. Adapun tema yang diangkat adalah global peace atau perdamaian dunia.

Baca juga : Bukti Kepedulian Warga, RS SMC Kabupaten Tasik Banjir Bantuan APD

Prayoga mengatakan, Global Youth Model United Nation merupakan konferensi yang diwakili oleh perwakilan diplomatik muda dari seluruh dunia.

“Saya kebetulan salah satu perwakilan dari Indonesia sekaligus mewakili Kota Tasikmalaya dan Provinsi Jawa Barat,” ujarnya siswa kelas XI MIPA kepada Radar, Jumat (17/4).

Loading...

Kata dia, konferensi tersebut membahas 3 crisis committee di antaranya yaitu hak asasi manusia, perlindungan pengungsi dan pencari suaka korban yang mengalami konflik 2 negara atau lebih, dan gencatan senjata antara negara konflik.

Pada kesempatan itu, ia akan membahas crisis committee perlindungan pengungsi. Di sana ia akan berjuang atas hak para pengungsi dan pencari suaka yang negaranya mengalami konflik dan mencari tempat baru demi keselamatan diri mereka ke negara lain.

“Saya mewakili para pengungsi yang terancam keselamatan hidupnya ingin menyampaikan keluh kesah dan harapan mereka. Khususnya saya ingin membahas para pengungsi Palestina” katanya.

Nantinya, kata Prayoga, melalui sumber yang dapat dipercaya yaitu para pengungsi yang ada di Indonesia akan menjadi pegangannya dalam menyampaikan pidato di kongres tersebut.

“Saya telah melakukan berbagai persiapan guna memberikan hasil yang terbaik. Tentunya untuk membanggakan orang tua dan guru, serta mengharumkan nama Kota Tasikmalaya dan Indonesia,” ucapnya.

Prayoga mengaku, awalnya ia iseng membuka media sosial dan mengetahui Forum Global Youth Models United Nation. Setelah dipelajari, ia tertarik dan ikut mendaftar. Tak disangka, berawal dari keisengannya itu, ia terpilih menjadi delegasi Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut.

Namun, bukan hal yang mudah bagi dia untuk mencapai tahap ini. Selain harus bersaing dengan 7.000 orang yang ikut seleksi melalui tes online, ia juga menggunakan biaya pribadi dalam mengikuti ajang internasional ini.

“Saya bersyukur bisa berhasil menjadi delegasi Indonesia berkat dukungan, doa orang tua serta semangat,” kata Prayoga.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto MEd mengaku bangga karena ada siswa dari Tasikmalaya yang lolos di ajang internasional. “Ini membanggakan, saya ucapkan selamat untuk Prayoga Nugraha Arcadia, sukses kita sukses Jawa Barat dan Indonesia,” ucapnya

Lanjutnya, melalui event berskala internasional ini pihaknya berharap pemuda milenial bisa mengalami perkembangan yang signifikan dan berdaya saing.

“Oleh sebab itu penguasaan conversation atau percakapan bahasa Inggris harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Baca juga : Patut Dicontoh, MTs Jidas Kota Tasik Bagikan Sembako Langsung ke Siswa tak Mampu

Melalui ajang Global Youth Forum ini, sambungnya, kawula muda juga bisa menyuarakan isu-isu pendidikan, pekerjaan, kesehatan dan partisipasi publik dalam ajang global.

Diharapkan, kawula muda ini bisa menjadi jembatan gerakan yang berkesinambungan serta mendorong inovasi dan investasi nasional dan internasional. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.