Mayoritas Bekerja di Industri Farmasi dan Kesehatan

Siswa SMK Bhakti Kencana Lulus 100%

390
0
Istimewa GEMBIRA. Siswa SMK BK Tasikmalaya gembira saat pengumuman hasil ujian kenaikan level kejuruan. Adapun pengumuman kelulusan diumumkan via email dengan hasil lulus 100 persen.

TASIK – Sebanyak 189 siswa kelas 12 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Kencana Tasikmalaya dinyatakan lulus seratus persen. Pengumuman dilakukan via email masing-masing siswa pada Senin (13/5).

Wakil Kepala SMK BK Bagian Kurikulum Edi Suwandini mengatakan kelulusan siswa ini berdasarkan akumulasi nilai Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Alhamdulillah siswa lulus semua, ini hasil kerja keras semua pihak, mulai dari kesungguhan siswa dalam belajar serta peran guru yang begitu maksimal dalam mengajar,” ujarnya kepada Radar, Kamis (16/5).

Ia mengatakan, nilai rata-rata siswa meningkat dibandingkan angkatan sebelumnya yakni 82. “Pengumuman kelulusan sengaja dilakukan via email untuk menghindari euporia kelulusan yang berlebihan seperti konvoi ataupun vandalisme,” ujarnya.

Selain itu, dengan pengumuman via email siswa bisa membuka hasil kelulusan bersama orang tuanya di rumah. “Dengan adanya pengawasan dari orang tua tentunya meminimalisir siswa dari perbuatan tidak terpuji,” katanya.

Edi mengatakan, selepas kelulusan ini siswa siap berkiprah di dunia kerja sebab 90 persen siswa memilih untuk bekerja. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan SMK untuk mengantarkan siswa ke dunia kerja profesional. Adapun 10 persennya melanjutkan ke perguruan tinggi.

“SMK BK memfasilitasi siswa untuk terserap ke dunia kerja dengan adanya bursa kerja,” katanya. Lulusan SMK BK yang terdiri dari jurusan Farmasi dan Keperawatan ini disalurkan ke industri dan rumah sakit. Di antaranya RS Jasa Kartini, RS Permata Bunda, Century, Kimia Farma, Insan Medika, Apotek K24, Brataco, Nest, RM Photostudio dan lain-lain. “Siswa juga difasilitasi untuk mengambil program Au Fair di Jerman. Tahun lalu ada dua siswa SMK BK yang dikirim ke Jerman,” terangnya.

Ia berharap, lulusan SMK BK mampu berkiprah di masyarakat dengan kompetensi yang dimilikinya. “Lulusan SMK BK telah dibekali kompetensi kejuruan, pendidikan karakter dan wawasan teknologi yang mumpuni,” ujarnya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.