Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.4%

8.1%

67.3%

Situ Sanghyang Tasik Butuh Orang Kreatif & Inovatif Dongkrak Kunjungan

145
0
PESONA ALAM. Situ Sanghyang di Kecamatan Tanjungjaya belum menjadi daya tarik pengunjung karena minimnya wahana penunjang bagi para wisatawan, Jumat (21/8). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TANJUNGJAYA – Kabupaten Tasikmalaya memiliki segudang objek wisata, baik wisata alam, sejarah, budaya dan lainnya.

Namun, banyaknya potensi tersebut belum terperhatikan seluruhnya oleh pemerintah daerah. Salah satunya adalah Situ Sanghyang di Kecamatan Tanjungjaya.

Baca juga : Santri Asal Ciamis Tenggelam di Pantai Pasanggrahan Cipatujah Tasik

Pengurus Kompepar Kabupaten Tasikmalaya Dede mengatakan, Situ Sanghyang terkesan dilupakan, karena tidak ada perhatian yang serius untuk dikelola. Padahal, objek wisata ini tidak kalah indah dibandingkan dengan objek wisata lain.

“Disayangkan keunggulan itu tidak lantas membuat jumlah kunjungan membludak. Pengunjung paling banyak hanya pada waktu-waktu tertentu,” ujarnya kepada Radar, Jumat (21/8).

Kata Dede, ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kurang memadainya fasilitas di objek wisata, minimnya wahana permainan yang disuguhkan bagi para pengunjung.

Ditambah akses jalan menuju lokasi wisata yang saat ini masih rusak juga menjadi kendala pengunjung malas ke Situ Sanghyang.

Maka dari itu, kata dia, pemerintah harus serius dalam mengelola objek wisata dan melengkapi berbagai fasilitas serta wahana yang bisa menjadi daya tarik pengunjung.

Dengan begitu, jumlah kunjungan akan meningkat yang berujung pada pendapatan asli daerah (PAD).

“Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah agar memperhatikannya. Jika memang ingin PAD meningkat, berbagai fasilitas tadi harus menjadi perhatian dan harus menjadi prioritas untuk direalisasikan,” ungkapnya.

Maslikan (48), warga sekitar menjelaskan warga yang berkunjung itu tidak sedikit yang menanyakan apa saja fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini.

“Sebenarnya banyak yang menanyakan berbagai wahana seperti kolam renang dan permainan anak. Tapi semuanya belum tersedia di Situ Sanghyang,” katanya, menjelaskan.

“Jika ada tambahan fasilitas seperti disebutkan itu bisa saja menarik pengunjung lebih banyak lagi. Selama ini kan hanya melihat pemandangan alam saja sambil naik rakit atau makan bersama di sekitaran situ,” ucapnya, menambahkan.

Baca juga : Insentif Petugas Pemulasaraan RSUD Kota Tasik Cair Pekan Depan

Rahman (36), salah satu pengunjung mengusulkan agar Situ Sanghyang memiliki tempat untuk bermain anak-anak, seperti tempat renang dan wahana penunjang lainnya. Sehingga para pengunjung menjadi betah berada di lokasi.

“Kalau kondisinya hanya ini jelas jenuh, karena tidak ada tambahan fasilitas lainnya, meskipun untuk suasana alamnya memang masih alami,” kata dia. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.