Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.3%

53.8%

6.8%

0.7%

12.9%

0%

23.2%

0%

Skor Terbesar di SEA Games

16
0
HATTRICK. Osvaldo Haay mencetak tiga gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Brunei U-23 8-0 di SEA Games Selasa (3/12). Fasila R Syam / Fin

MANILA – Hujan gol terjadi di Stadion Binan, Manila saat Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia U-23 berhadapan dengan Brunei di laga keempat babak penyisihan Grup B SEA Games 2019. Sebanyak delapan gol tercipta dalam kemenangan Indonesia 8-0.

Kemenangan besar Indonesia itu ditandai dengan rekor menawan. Garuda muda mampu menggeser Thailand dengan perolehan skor terbanyak di SEA Games tahun ini. Sebelumnya, negara Gajah Putih itu melumat 7-0 dengan negara yang sama, Brunei.

Dalam rekor timnas di ajang SEA Games, ini merupakan kali ke empat hujan gol yang diberikan Indonesia ke skuat negeri Petro Dollar tersebut. Sayangnya, kemenangan tahun ini belum menyamai kesuksesan Bambang Pamungkas cs yang saat itu melumat Brunei 9-0 di SEA Games 2001, Malaysia.

Ya, pada babak pertama, Indonesia sudah unggul 3-0 atas Brunei. Tiga gol skuat asuhan Indra Sjafri itu dicetak oleh Osvaldo Haay (11’, 45+2) dan Egy Maulana Vikri (40’). Skor 3-0 menutup laga paruh pertama.

Usai turun minum, Indonesia kembali memborbardir gawang Brunei. Tak tanggung-tanggung di paruh kedua, mereka menambah lima gol. Gol keempat diciptakan oleh Saddil Ramdani (50’), Witan Sulaeman (68’), Osvaldo Haay (71’), Andy Setyo Nugroho (77’) dan ditutup sontekan Egy Maulana Vikri di menit 80.

Dengan hasil ini, Indonesia kembali membuka peluang untuk bersaing ketat dalam perebutan tiket semifinal dengan Thaialnd dan Vietnam. Hasil tiga poin membuat indoensia naik ke peringkat dua dengan raihan sembilan poin dari empat pertandingan.

Poin yang dimiliki skuat Garuda Muda sama dengan Thailand. Namun, Timnas Indonesia U-23 berhasil unggul dalam selisih gol. Sedangkan Vietnam masih berada di posisi puncak dengan 12 poin.

Sementara, Brunei masih terbenam di posisi buncit dengan tanpa poin dari empat kekalahan beruntun.

Menanggapi hasil kemenangan ini, pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri mengaku bersyukur. Kendati demikian, pelatih berkumis tebal itu menyayangkan beberapa peluang terbuang yang dilakukan oleh anak asuhnya.

“Pertama tentu Alhamdulillah, seperti target yang kita canangkan sebelum pertandingan, menang dengan Brunei dengan banyak gol. Alhamdulillah itu tercapai berkat kerja keras para pemain,” tutur Indra usai pertandingan.

“Namun sebenarnya masih banyak gol harusnya bisa terjadi, ada beberapa kesempatan yang terbuang dengan sia-sia. Tapi pada intinya hasil ini cukup kita syukuri,” tambahnya.

Selanjutnya, di partai pamungkas, Indonesia bakal berhadapan dengan Laos pada Kamis (5/12) besok. Dalam laga tersebut, Indra yakin anak asuhnya mampu meraih kemenangan dan memastikan tiket babak semifinal di pesta olahraga dua tahunan tersebut.

“Tinggal nanti pertandingan tanggal lima (menghadapi Laos, Red), Insya Allah kita bisa menang lagi dan memastikan kita lolos ke babak semifinal,” ujarnya.

Disinggung mengenai persiapan, Indra mengaku tidak memiliki persiapan khusus. Akan tetapi, Indra tetap meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia “Setelah ini kita akan istirahat dan besok sore kita baru akan mempersiapkan diri menghadapi Laos, doakan saja, karena kalau khawatir akan membuat kita bermasalah, namun jika optimis meraih kemenangan dalam laga tersebut,’ tuntas Indra.

Laga menghadapi Laos bakal menjadi penentu lolos atau tidaknya Indonesia ke babak semifinal. Pasalnya, disisi lain, Thailand yang menjadi pesaing berat Indonesia untuk tembus ke babak smeifinal bakal berhadapan dengan Vietnam. (gie/fin/tgr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.