SMAN 10 Kota Tasik Juara I Lomba Vlog BNN, Puluhan Pelajar Deklarasi Anti Narkoba

76
0
ISTIMEWA. BANGGA. Kepala SMAN 10 Tasikmalaya Dr H Yonandi SSi MT (tengah) bangga karena SMAN 10 menjadi juara pertama pada lomba vlog yang digelar BNN Kota Tasikmalaya.
ISTIMEWA. BANGGA. Kepala SMAN 10 Tasikmalaya Dr H Yonandi SSi MT (tengah) bangga karena SMAN 10 menjadi juara pertama pada lomba vlog yang digelar BNN Kota Tasikmalaya.

TASIK – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tasikmalaya Tuteng Budiman MSi diwakili oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Ridwan Jumiarsa S mengumumkan pemenang lomba vlog promosi anti narkoba untuk SMA/SMK/MA Se-Tasikmalaya via Zoom Meeting, Selasa (22/9).

Lomba yang digelar dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 itu diikuti 33 SMA/sederajat dengan total 56 peserta.

“Pemenang pertama yakni SMAN 10 Kota Tasikmalaya, pemenang kedua SMA Terpadu Riyadhul Ulum Wada’wah dan pemenang ketiga SMK Bina Putra Nusantara,” kata Ridwan kepada Radar, Selasa (22/9).

Adapun juara harapan 1 dimenangkan SMK Mitra Batik, juara harapan 2 SMKN 1 Tasikmalaya, dan juara harapan 3 oleh MA Persis Sukasari.

Ia pun memberikan apresiasi bagi pemenang dan peserta yang telah menunjukkan karya vlog anti narkoba. “Terus berkarya agar generasi muda bisa sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba,” ujarnya.

Tak sampai disitu, hasil karya vlog dari generasi milenial ini direkomendasikan untuk dimasukkan ke website rumah edukasi anti narkoba/rean.id. Website tersebut berisi video, artikel dan poster tentang bahaya narkoba.

“Vlog promosi bersih dari narkoba ini diharapkan bisa ditampung di rean.id. Sehingga karya pelajar Tasikmalaya dapat diakses oleh masyarakat luas,” katanya.

UMUMKAN. Kepala Seksi P2M BNN Kota Tasikmalaya Ridwan Jumiarsa S (kanan) mengumumkan pemenang lomba vlog melalui Zoom Meeting, Selasa (22/9). Digelar juga deklarasi pelajar anti narkoba. Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya
UMUMKAN. Kepala Seksi P2M BNN Kota Tasikmalaya Ridwan Jumiarsa S (kanan) mengumumkan pemenang lomba vlog melalui Zoom Meeting, Selasa (22/9). Digelar juga deklarasi pelajar anti narkoba. Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

Ia berharap, vlog ini dapat bermanfaat untuk pencegahan narkoba di Kota Tasikmalaya.

Selain pengumuman hasil vlog, BNN juga melakukan deklarasi pelajar anti narkoba. Tujuan deklarasi ini untuk menjadikan generasi muda hidup 100% sadar, produktif dan bahagia tanpa narkoba.

“Agar generasi muda mempunyai rasa peduli terhadap penanganan narkoba, serta mendukung BNN dalam pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan pengedaran narkoba di Kota Tasikmalaya,” ujarnya.

Dengan begitu, akan bagus sekali ketika semua pelajar aktif membuat sekolahnya bersih dari narkoba (bersinar).

Kemudian, dengan deklarasi ini, pihaknya berharap bisa menurunkan risiko usia produktif sebagai pengguna, pengedar ataupun bandar. Karena dari kasus yang berhasil ditangani BNN Kota Tasikmalaya sekitar 80 persen pelaku berusia 15-35 tahun.

“Maka fokus kita memberikan ketahanan diri pada generasi remaja agar tidak tergiur oleh narkoba,” katanya.

Lalu, generasi muda pun bisa memanfaatkan sistem pelaporan relawan (Siparel). Situs ini bagian dari pencegahan narkoba.

“Ketika pelajar melihat pengguna ataupun pengedar jangan takut, lapor saja. Karena ada perlindungan saksi sehingga dijamin keamanannya,” ujarnya.

Kepala SMAN 10 Tasikmalaya Dr H Yonandi SSi MT bersyukur mendapatkan juara pertama pada lomba vlog yang digelar BNN Kota Tasikmalaya. Keberhasilan itu tidak lepas dari upaya sekolah untuk selalu mendukung 100% siswanya berprestasi.

Bukti keseriusannya adalah langsung membuat ekstrakurikuler Pers Pelajar Kreatif (Perspektif) yang mewadahi siswa gemar jurnalistik, videografi dan desain grafis.

“Sekolah langsung memfasilitasi siswa dalam memproduksi kreasi video yang dilombakan seperti lomba vlog anti narkoba dari BNN Kota Tasikmalaya. Dengan kerja kolektif inimampu membuat gagasan pesan bahaya narkoba lebih menarik,” katanya.

Momentum prestasi ini, sambungnya, jadi hadiah Hari Jadi SMAN 10 Tasikmalaya ke-14 tahun.

Sesuai tema Hari Jadi yakni Pandemi Tidak Menghalangi untuk Tetap Berkreasi, maka prestasi lomba vlog ini sebagai awal untuk terus berkreasi dan semangat berjuang.

“Kebanggaan untuk sekolah mendapatkan bonus juara pertama lomba vlog di Hari Jadi Seputas ke-14,” ujarnya. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.