Smart Parking di Kota Tasik Belum Diterapkan

69
0
INOVASI. Mesin Smart Parkir yang rencananya akan digunakan sebagian juru parkir di bawah UPTD Parkir Dishub Kota Tasikmalaya. RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Rencana penerapan smart parking untuk pengelolaan parkir badan jalan belum diberlakukan.

UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya masih perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum inovasi baru itu diterapkan.

Baca juga : Pencuri Mobdes Kabupaten Tasik Terekam CCTV

Rencana awal smart parking akan diterapkan awal tahun ini. Namun karena dampak Covid-10, anggaran untuk belanja pengadaan mesin harus dicoret.

Dishub pun melakukan perubahan rencana dimana sistem pengadaan alat diberlakukan melalui kerja sama dengan pihak ketiga dan diterapkan pada masa new normal.


Namun karena beberapa kendala, rencana itu pun masih tertunda.

Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Tasikmalaya Hamzah Diningrat menjelaskan meskipun sistem pengadaan barang melalui kerja sama, namun tetap dibutuhkan anggaran.

Sampai saat ini pihaknya masih berharap sisa dana refocusing bisa digunakan. “Rencananya kalau anggaran Dishub yang digeser untuk Covid-19 masih ada, kita akan gunakan itu,” katanya.

Untuk pelaksanaan di lapangan, pihaknya sudah melakukan pelatihan kepada sebagian juru parkir.

Dia menilai mereka sudah siap untuk menggunakan alat tersebut. “Kami juga berharap bisa secepatnya terlaksana, karena dengan smart parking ini dipercaya bisa meningkatkan retribusi,” terangnya.

Hamzah menambahkan bahwa tarif progresif mungkin akan diterapkan. Karena juru parkir bisa mengetahui berapa lama pengguna parkir di kawasan tersebut.

“Kalau tanpa alat kan tidak mungkin kita terapkan tarif progresif,” katanya.

Soal kondisi retribusi, setelah PSBB dicabut sudah berangsur membaik. Namun belum bisa dikatakan normal secara utuh.

“Efek wabah covid-19 sangat berdampak sekali pada retribusi parkir,” terangnya.

Baca juga : Insentif Linmas di Kabupaten Tasik Belum Cair

Salah seorang warga Cihideung Aneta (27) mengatakan kondisi pengelolaan parkir memang perlu dibenahi. Selain sistem penarikannya, juga pembenahan dalam penataannya.

“Jangan sampai ada yang parkir nga­langin jalan,” pungkasnya. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.