Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

SMK BK Lakukan Penyesuaian Kurikulum

36
0
Istimewa WORKSHOP. Kepala SMK BK Drs Wiharto BA (kedua, kiri) dan Pengawas SMK Kota Tasikmalaya H Dedih Hermawan (kiri) menyampaikan materi workshop Implementasi Revitalisasi SMK Senin (8/7).

TASIK – Sekolah Menengah Kejuruan Bhakti Kencana (SMK BK) Tasikmalaya mulai melakukan penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (Dudi). Hal ini sebagai upaya agar lulusannya mudah diserap dunia kerja.

Untuk itu, SMK BK menggelar workshop Implementasi Revitalisasi SMK yang diikuti semua tenaga pendidik pada Senin-Rabu (8-10/7).

Kepala SMK BK Drs Wiharto BA mengungkapkan, pengembangan kurikulum ini memiliki peranan yang sangat penting terhadap kemajuan sekolah dan tercapainya tujuan pendidikan SMK.

“Guru dituntut mempelajari setiap perubahan pada dunia pendidikan sekarang ini. Kehadiran narasumber pada acara ini tentunya diharapkan bisa menjadi dorongan atau motivasi kepada para guru untuk menambah keterampilan mengajar,” ujarnya.

Pengawas SMK Kota Tasikmalaya H Dedih Hermawan mengatakan, workshop pengembangan kurikulum harus dilaksanakan setiap tahun untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman. Menurut dia, adanya peraturan yang sedang bergulir merupakan bentuk penyesuaian. “Implementasi revitalisasi SMK ini penting untuk meningkatkan daya saing lulusan SMK,” katanya.

Lanjutnya, SMK perlu  menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan Dudi. Bentuk penyelarasan ini meliputi penyelarasan kompetensi guru serta penyelarasan bahan ajar dengan budaya kerja industri. “SMK di Kota Tasikmalaya tiap tahunnya meluluskan sekitar 6.500 lulusan. Jika tidak dibarengi dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri, lulusan sulit terserap dunia kerja,” ujarnya. (na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.