SMK Manangga Pratama & Radar Tasikmalaya Gelar LDKS

54
0
MEWUJUDKAN GENERASI HEBAT. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Manangga Pratama Tasikmalaya An’an Budiana MPdI (kiri) menerima media edukasi dan sosialisasi tentang penanggulangan Covid-19 dari GM Event Radar Tasikmalaya Tina Agustina di SMK Manangga Pratama Tasikmalaya, Kamis (10/12). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya
MEWUJUDKAN GENERASI HEBAT. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Manangga Pratama Tasikmalaya An’an Budiana MPdI (kiri) menerima media edukasi dan sosialisasi tentang penanggulangan Covid-19 dari GM Event Radar Tasikmalaya Tina Agustina di SMK Manangga Pratama Tasikmalaya, Kamis (10/12). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – SMK Manangga Pratama Tasikmalaya berkerja sama dengan Radar Tasikmalaya melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Kamis (10/12).

Dalam kegiatan ini, 67 siswa mendapatkan pembekalan materi berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta memiliki jiwa pemimpin yang berkualitas.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Manangga Pratama Tasikmalaya An’an Budiana MPdI mengatakan untuk mencetak generasi tangguh di masa pandemi Covid-19, pihaknya juga terus menyosialisasikan ingat pesan ibu yaitu dengan PHBS saat LDKS, sehingga mereka bisa menjadi duta pencegahan yang ampuh untuk mempromosikan protokol kesehatan dengan 3M plus yaitu; memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menjauh dari kerumunan.

”Kita bersama Radar Tasikmalaya terus mempromosikan protokol kesehatan kepada siswa. Sehingga menjadikan generasi muda yang sehat dan produktif,” katanya kepada Radar, Kamis (10/12).

Selanjutnya, motif pelaksanaan LDKS ini juga sebagai bekal untuk masa depan siswa. Artinya bisa membentuk kepribadian siswa yang matang dalam memahami tentang kepemimpinan, lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam tugasnya sebagai siswa maupun tugas dalam berorganisasi.

“Pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan. Kemudian mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berwawasan demokrasi juga,” kata dia menambahkan.

Untuk mencapai tujuan itu, 67 siswa dibekali materi mengenai karakter kepemimpinan yang benar, cara berkomunikasi efektif, dan mahir dalam proses manajemen konflik.

“Agar siswa mengetahui dasar kepemimpinan diberikan materi tentang bela negara, materi organisasi, kepemimpinan, keadministrasian dan jurnalis serta public speaking dan program kerja network planning,” ujarnya.

Selain pembentukan karakter kepemimpinan juga ini sebagai penjaringan calon ketua OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) selanjutnya.

“Pendidikan dan latihan ini dalam rangka menyiapkan atau meregenerasi kepemimpinan siswa yang ada di sekolah. Sehingga bisa lebih aktif dan produktif kegiatan-kegiatan siswanya,” katanya.

Ketua OSIS SMK Manangga Pratama Tasikmalaya Muhammad Wafa Saepul Milah menjelaskan LDKS sebagai gerbang awal sebelum masuk menjadi pengurus OSIS atau MPK.

Efeknya pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan agar di masa kepungurusan nanti mereka bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk SMK Manangga Pratama Tasikmalaya.

“Semoga LDKS bisa menciptakan generasi penerus ketua OSIS dan MPK periode selanjutnya menjadi bekal di masa depan dalam mengarungi kehidupannya,” ujarnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.