SMK MJPS 1,2 dan 3 Punya Kelebihan Masing-Masing

938
0
KOMPAK. Dari kiri ke kanan, Drs Siradjudin MM, Drs Effendi dan Drs H Dudung usai mengikuti talk show Bincang Radar di Studio Radar TV kemarin (29/11).

TASIK – Yayasan Majelis Juang Pendidikan Swadaya (MJPS) Tasikmalaya berdiri 1965. Dalam perkembangannya, salah satu yayasan tertua di Tasikmalaya ini mendirikan tiga sekolah: SMK MJPS 1, 2 dan 3.
Pengurus Yayasan MJPS Tasikmalaya Drs H Dudung mengatakan pihaknya membantu pemerintah membangun pendidikan vokasional. Ciri khasnya, MJPS memiliki keunggulan dalam bidang keagamaan.
”Komitmen kita adalah mencetak generasi yang memiliki keimanan dan ketakwaan yang tinggi, mandiri dan berkualitas. Dari kepercayaan yang diberikan masyarakat tersebut juga mendorong pada pemilihan jurusan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Selain siap kerja juga siap melanjutkan dan siap membuka wirausaha mandiri,” terang Dudung saat talk show Bincang Radar di Studio Radar TV kemarin (29/11).
Yayasan MJPS juga mendirikan Pesantren Nur Ajimat MJPS. Ponpes tersebut berada di Jalan Bebedilan Kota Tasikmalaya. Konsentrasinya program tahfiz Alquran. Santri yang mondok adalah siswa MJPS dan masyarakat sekitar.
”Jadi secara reguler kita juga ada pengajian yayasan yang dilaksanakan secara bergilir di SMK MJPS yang rutin dilaksanakan setiap satu bulan satu kali. Santapan rohani guru dan siswa kajian kitab dengan bedah masalah bersama KH Miftah Fauzi yang juga merupakan pengurus Yayasan MJPS,” ujarnya.
Yayasan MJPS juga memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi di bidang akademik dan non akademi. “Juga untuk siswa yang kurang mampu,” tuturnya.
Dudung yang juga Kepala SMK MJPS 3 Tasikmalaya mengatakan, sebagai bagian dari pengejawantahan visi dan misi yayasan, setiap lembaga pendidikan di bawah Yayasan MJPS memiliki keunggulan. SMK MJPS 3 Tasikmalaya di Tamansari ini memiliki program keahlian diantaranya Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Sepeda Motor (TSM).
”Saat ini untuk MJPS 3 kita konsentrasi ke TKR untuk otomotif roda empat yang didukung oleh tenaga pendidik yang profesional,” terangnya.
Kepala SMK MJPS 1 Tasikmalaya Drs Siradjudin MM menjelaskan pengembangan pendidikan di sekolahnya menginduk ke visi dan misi yayasan. SMK MJPS 1 yang paling awal berdiri memiliki empat program keahlian diantaranya, Teknik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).
”Untuk SMK MJPS I tahun depan rencana ada penambahan program keahlian, yakni Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Pengelasan,” ujarnya.
SMK MJPS 1, kata Siradjudin, termasuk sekolah rujukan atau sebagai sekolah model yang ditunjuk oleh pemerintah, sehingga program yang dimiliki minimal lima keahlian.
”Semoga dari penambahan dua program ini ada salah satu yang berhasil. Sekolah swasta memiliki kualitas yang sama dengan sekolah lainnya, dengan fasilitas dan keunggulannya mampu mencetak siswa yang berkualitas,” ujarnya.
Kepala SMK MJPS 2 Tasikmalaya Drs Effendi menjelaskan SMK MJPS 2 merupakan pecahan dari SMK MJPS 1 yang berdiri pada tahun 1994. Sehingga program keahliannya tidak jauh berbeda dengan SMK MJPS 1. Namun seiring kebutuhan masyarakat, SMK MJPS 2 membuka program Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Multimedia. Dua jurusan tersebut menambah jurusan sebelumnya, yaitu TSM dan TKR.
”Tahun ini kita fokus pada pengembangan TSM yang merupakan program kompetensi yang memiliki peminat sangat tinggi dan makin bertambahnya pengguna sepeda motor di masyarakat, salah satu pengembangannya dengan cara membuka unit produksi (UP) yakni bengkel sepeda motor yang akan dibangun dekat sekolah dengan montirnya merekrut dari siswa dan alumni MJPS 2,” terang Effendi. Hal ini juga tambahnya karena MJPS 2 sudah sejak lam melakukan kerja sama dengan Suzuki.
”SMK MJPS juga tahun kemarin menjadi pelopor pelaksana UNBK, sehingga untuk fasilitas kita sudah lengkap dan mendukung untuk setiap aktivitas pembelajaran di sekolah,” ujarnya. (ais)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.