SMKN 2 Kota Banjar Punya Puluhan Robot

266
0
TUNJUKKAN KARYA. Siswa dan guru SMKN 2 Banjar menunjukkan robot hasil karyanya Jumat (13/3). Sudah ada puluhan robot yang dibuat mulai dari robot analog hingga digital.
TUNJUKKAN KARYA. Siswa dan guru SMKN 2 Banjar menunjukkan robot hasil karyanya Jumat (13/3). Sudah ada puluhan robot yang dibuat mulai dari robot analog hingga digital.

BANJAR – Siswa jurusan Teknik Elektronika Industri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Banjar menghasilkan karya inovatif berupa robot.

Kepala jurusan Teknik Elektronika Industri SMKN 2 Banjar Acep Nurul Ihsan SPd mengatakan, untuk menampung minat dan bakat siswa di bidang robotik, maka sejak tahun 2010 SMKN 2 Banjar membuka ekstrakurikuler Robotik. Bersamaan dengan itu dibentuk juga Komunitas Robotik SMKN 2 Banjar.

“Awalnya siswa kami membuat robot manual yang masih digerakkan oleh tangan melalui alat yang terhubung dengan kabel,” ujarnya kepada wartawan Jumat (13/3).

Baca juga : Ini Bentuk Tanggung Jawab, Organisasi Penggerak Dongkrak Mutu Sekolah

Menurut dia, dulu membuat robot masih mandiri sesuai dengan keinginan dan kemampuan anak-anak, sehingga ketika ada keinginan membuat robot barulah robot itu dibuat.

“Setelah robotik menjadi mata pelajaran di sekolah, maka siswa lebih produktif membuat robot,” katanya.

Robot-robot yang dibuat oleh anak didiknya sering digunakan dalam acara temu teknologi, baik tingkat kota bahkan provinsi. Selain itu karya robotik ini dipamerkan dalam Pameran Epitek yang digelar setiap tahun.

Loading...

“Alhamdulillah kita sudah buat kurang lebih 30 robot dengan berbagai jenis dan bentuk. Baik manual maupun digital, dan ke depannya akan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Baca juga : Mahasiswa Unper Tasik Harus Melek Politik

Instruktur ekstrakurikuler Robotik Pandu Pribadi SSi MPd menambahkan, ada berbagai jenis robot yang telah dibuat oleh anak didiknya yakni robot analog soccer, robot digital penghindar halang rintang dan robot lainnya.

“Rencananya kami akan mengembangkan robot dengan Internet of Things (IoT) yang bisa dioperasikan dari jarak jauh menggunakan jaringan internet,” ungkapnya.

Wakasek Humas SMKN 2 Banjar Uu Indra Gunawan SKom mengaku siap mendukung anak didik untuk terus berkarya membuat robot. Sekolah pun akan memfasilitasi untuk pengembangannya.

“Kita terus support mereka, ketika ada pameran teknologi kita fasilitasi,” katanya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.