2020, Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Targetkan Seluruh SMP Bisa UNBK

76
TALKSHOW. Kasi Kurikulum dan Kelembagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Iman Kustiaman SPd SH MH tampil pada talkshow Bincang Radar di Radar TV, Rabu (24/4). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya menargetkan tahun ajaran 2019-2020 seluruh SMP melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Hal itu diungkapkan saat talkshow Bincang Radar di Radar TV, Rabu (24/4).

Kasi Kurikulum dan Kelembagaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Dr Iman Kustiaman SPd SH MH mengatakan banyak manfaat yang dirasakan ketika UNBK diberlakukan. Selain mempermudah siswa dalam mengerjakan soal, sistem ujian ini pun meminimalkan kecurangan dan meningkatkan kualitas kejujuran.

“Awalnya memang berat untuk UNBK, karena penyediaan komputer. Tapi, banyak manfaatnya dan komputernya pun tetap bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar,” terangnya kepada Radar, kemarin.

Maka dari itu, Disdikbud menargetkan tahun depan semua sekolah bisa menyelenggarakan UNBK. Terlebih untuk sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil.

“Saya harap tahun ajaran 2019-2020 semua SMP di Kabupaten Tasik 100 persen dapat menyelenggarakan UNBK,” harapnya.

Saat ini, tambah dia, ada 214 sekolah yang menyelenggarakan UNBK. Sedangkan SMP yang masih melaksanakan ujian manual jumlahnya 52 sekolah.

“Meskipun belum sesuai harapan, namun progress penerapan UNBK di Kabupaten Tasik ada kenaikan yang cukup signifikan setiap tahunnya,” kata dia.

Disdikbud akan segera melakukan komunikasi dan kerja sama dengan Telkom dalam pengadaan jaringan internet ke daerah-daerah pelosok. Sehingga sekolah-sekolah yang berada di wilayah terpencil tetap bisa mengakses sinyal dan menyelenggarakan UNBK.

“Persoalan sinyal menjadi kendala. Apabila sulit dicarikan solusinya, kami akan gabungkan sekolah di daerah terpencil ke sekolah lain untuk UNBK,” pungkasnya. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.