Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.5%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

SMP Kabupaten Tasikmalaya Targetkan Juara Pertama GSI Tingkat Jabar

85
0
RAIH PRESTASI. Tim Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Kabupaten Tasikmalaya berfoto bersama setelah meraih juara 2 GSI tingkat Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu. Disdikbud Bidang SMP for Radar Tasik
RAIH PRESTASI. Tim Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Kabupaten Tasikmalaya berfoto bersama setelah meraih juara 2 GSI tingkat Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu. Disdikbud Bidang SMP for Radar Tasik

TASIK – Tim Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Kabupaten Tasikmalaya menargetkan juara pertama pada GSI tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020.

“Tahun 2019 kemarin kita hanya meraih juara 2 saja. Setelah dikalahkan pada laga final dengan skor 4-3 melalui adu penalti,” ujar Pelatih Tim GSI sekaligus guru olahraga di SMP 1 Singaparna Nia kurnia kepada Radar, Jumat (3/1).

Nia mengatakan, laga tersebut digelar sekitar Agustus 2019 di Pusdik Armed Kodiklat TNI AD. Pertama, GSI mengalahkan Kabupaten Ciamis 3-2, lawan Kota Bandung  1-1, lawan Cianjur 11-0 dan semifinal melawan Purwakarta 6-5, dan  final dengan Kota Bogor kalah adu penalti dengan skor 4-3.

Kompetensi GSI tersebut diselenggarakan setiap tahunnya. Pertandingan GSI  menggunakan sistem kompetensi penuh dengan format waktu 2×20 menit dan perpanjangan waktu 2×10 menit.

Ia menceritakan, sebelumnya SMP Singaparna berhasil meraih juara pertama GSI tingkat Kabupaten Tasikmalaya dan otomatis mewakili Kabupaten Tasikmalaya di tingkat provinsi. Awalnya kompetisi ini digelar di tingkat kecamatan, lalu tingkat wilayah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi dan akhirnya tingkat nasional.

Kata dia, SMP Singaparna membutuhkan pemain seperti pemain dari SMP 1 Cibalong, SMP 1 Cisayong, SMP 1 Cikatomas, SMP 1 Mangunreja dan SMP plus An-Nur Sukarame. Total pemain dengan cadangan mencapai 20 orang.

“Semua merupakan siswa kelas VII dan kelas VIII,” katanya.

Pelatih Timnas U-16 Indra Safri, kata dia, kepincut dengan salah satu pemain dari Kabupaten Tasik bernama Wildan. Siswa yang berasal dari Bantarkalong tersebut dibawa ke tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, ia menilai timnya sangat berpotensi dalam Gala Siswa Indonesia tersebut. Hanya saja faktor keberuntungan dan non teknis yang memudarkan harapan anak asuhnya untuk bisa maju ke tingkat nasional.

“Baru kali GSI Kabupaten Tasik mengukir prestasi dan bisa juara 2 tingkat Provinsi Jawa Barat. Mudah-mudahan tahun 2020 ini kita bisa juara pertama. Kita maksimalkan persiapannya nanti,” ucapnya.

Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya H Dedi Abdullah MPd menilai GSI ini cukup berhasil melahirkan bibit-bibit pemain yang hebat dan berkualitas.

“Saya yakini kompetisi ini akan terus  lebih baik. Semoga dari sini akan lahir pemain hebat dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,” kata dia.

Ia bersyukur, Kabupaten Tasik meraih juara 2 GSI tingkat provinsi tahun ini. Ia berharap tim GSI Kabupaten Tasikmalaya bisa lebih optimal pada kompetisi tahun ini.

“Tahun 2019 kemarin kan meraih juara 2, di tahun ini harus juara pertama di tingkat provinsi agar bisa mencetak sejarah baru berlaga di tingkat nasional,” harapnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.