SMPN 1 Ciamis Ciptakan Sekolah Ramah, Tenang, Nyaman dan Bebas Narkoba

5

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – SMP Negeri 1 Ciamis menggelar Expos kesepakatan kerjasama dengan Kepolisian, Dinas dan Badan di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Ciamis, bertempat di Aula SMP Negeri 1 Ciamis, Kamis (08/11/ 2018).

Menurut Kepala sekolah SMPN 1 Ciamis Dr. Agus Sumantri, M.Pd., dalam sambutannya menyatakan, terlaksananya penandatanganan Kesepakatan Kerjasama SMPN 1 Negeri Ciamis dengan Dinas, Kepolisian dan Badan di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Ciamis ini, untuk meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan standar nasional pendidikan dengan melibatkan pemangku kepentingan dalam pengelolaan sekolah.

“Ini agar tercipta ekosistem pendidikan yang semakin kondusif dengan pengembangan program mempertahankan dan mengembangkan sekolah yang menyenangkan, ramah, tenang dan nyaman bagi seluruh warga sekolah khususnya peserta didik,” tutur Agus.

Sedangkan manfaat kerjasama dengan BNNK Ciamis adalah, adanya pemahaman warga sekolah dan peserta didik tentang bahaya narkoba dalam kehidupan melalui kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Ciamis DR. H. Wawan A.S. Arifin, M.M., dalam sambutannya, bahwa pendidikan di Indonesia saat ini memfokuskan kepada pembentukan karakter, literasi serta revolusi industri 4.0 yang lebih kepada perkembangan IT.

Saat ini, kata dia, sebagian besar dari kita hanya sebatas penikmat bukan pencipta dan bukan juga pembaharu.

“Beda halnya dengan negara Jepang dan Korea, anak SMA tidak hanya bisa menggunakan komputer saja tetapi sudah bisa membuat komputer sendiri. Oleh karena itu ketinggalan ini harus kita kejar dengan segera sehingga kedepannya kita bisa bersaing dengan negara lain,” ujar Wawan

Seiring dengan pesatnya perkembangan IT, lanjut Wawan, tidak kalah pentingnya dengan masalah narkoba yang muncul serta banyaknya minuman keras yang beredar untuk segera disikapi bersama.

“Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini bisa dengan mudah menangani permasalahan yang ada. Dan dapat mewujudkan kedepannya Ciamis yang lebih maju,” harapnya.

Sementara menurut Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, S.H. selaku perwakilan dari Dinas dan Badan yang ada di lingkungan Pemerintanan Kabupaten Ciamis, dengan adanya kesepakatan ini untuk lebih menguatkan sinergitas bersama.

Tujuannya membentuk satu lingkungan sekolah yang menyenangkan, ramah, tenang dan nyaman bagi seluruh warga sekolah termasuk pelajar didalamnya, sehingga terwujud generasi penerus bangsa yang memiliki karakter yang luhur serta bersiap untuk bersaing dengan yang lain.

Terkait dengan permasalahan narkoba saat ini, kondisinya sudah mengkhawatirkan semua pihak, terutama di lingkungan sekolah dan keluarga.

Sebab, sasaran para pengedar bukan hanya kepada orang dewasa dan orangtua saja, melainkan sudah menyasar kepada kalangan anak yang masih duduk dibangku sekolah.

Yaya berharap dengan kerjasama ini kedepannya akan dibentuk satgas di lingkungan sekolah dan dibentuk duta anti narkoba di sekolah-sekolah.

“Khusus SMPN 1 Ciamis ini sebagai pilot project bagi sekolah yang lain,” kata Yaya. (rls)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.