SMPN 10 Kota Tasik Sterilisasi Lingkungan Secara Mandiri

141
0
MENINJAU. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiaman Sanusi SSos (kedua, kiri) meninjau pembuatan dan penyemprotan disinfektan secara mandiri yang dilakukan SMPN 10 Kota Tasikmalaya, Senin (23/3). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA
MENINJAU. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiaman Sanusi SSos (kedua, kiri) meninjau pembuatan dan penyemprotan disinfektan secara mandiri yang dilakukan SMPN 10 Kota Tasikmalaya, Senin (23/3). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya mengimbau pihak sekolah mulai Taman Kanak-kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri. Langkah ini diharapkan dapat mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Budiaman Sanusi SSos mengatakan, saat ini di semua sekolah perlu untuk melakukan pencegahan sedini mungkin dengan melakukan penyemprotan disinfekan.

Hal tersebut sesuai anjuran dari Sekda Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan. Pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara bertahap di lingkungan sekolah.

Namun, kata Budiaman, sambil menunggu giliran penyemprotan dari Dinkes, pihaknya menginstruksikan sekolah-sekolah terus menjaga kebersihan dan mengadakan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

“Selama siswa belajar di rumah, saya minta sekolah untuk disterilkan,” katanya kepada Radar, Senin (23/3).

Baca Juga : Libur Sekolah 2 Minggu Bukan untuk Piknik, Guru di Kota Tasik Wajib Pantau Siswa

Salah satu sekolah yang sudah melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri yakni SMPN 10 Kota Tasikmalaya. Bahkan SMPN 10 Kota Tasikmalaya membuat disinfektannya sendiri.

Loading...

Hasil dari cara pembuatan tersebut sudah terdokumentasikan serta akan dibagikan di grup Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Sehingga, kata ia, semua sekolah dapat melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri di tempat-tempat yang menjadi pelayanan pendidikan seperti ruang guru, ruang tamu dan lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada SMPN 10 dan rekan guru yang berinisiatif untuk membuat disinfektan secara mandiri sehingga mampu men-sterilkan virus covid-19 di sekolah,” ujarnya.

Ia mengatakan, inisiatif SMPN 10 Tasikmalaya membuat desinfektan ini mampu memberikan kontribusi positif bagi kesehatan di lingkungan sekolah. Dengan bahan baku yang dapat dikenali, mudah didapat dan murah maka pembuatan disinfektan ini bisa dengan mudah ditiru sekolah lainnya.

“Hal yang dilakukan SMPN 10 ini sangat bagus dan patut ditiru,” katanya.

Kepala SMPN 10 Kota Tasikmalaya Hj Affi Endah Nafilah menjelaskan, sebagai sekolah sehat pihaknya terus mengutamakan pembiasaan pola hidup bersih dan sehat untuk warga sekolahnya dan masyarakat. Termasuk di masa pandemi covid-19 ini pihaknya terpacu untuk bergerak, tidak hanya menunggu. Salah satunya membuat disinfektan secara mandiri.

“Saya dan tim SMPN 10 tergerak untuk membuat disinfektan mandiri. Setelah jadi, kita semprotkan di lingkungan sekolah,” katanya.

Baca Juga : SMKN 2 Tasik Raih Juara 3 Kompetisi IoT

Ia menjelaskan, cara pembuatan disinfektan mandiri untuk kemasan 1.000 militer (ml) memakai bahan bayclin/clorine 100 ml, wipol/pine oil 10 ml, air bersih 890 ml, pewangi secukupnya dengan Soklin lantai. Campurkan semua bahan, lalu tunggu 30 menit sebelum digunakan.

Selain membuat disinfektan, sambungnya, dalam mencegah penyebaran virus corona SMPN 10 akan membuat hand sanitizer dan akan membuat tempat cuci tangan di depan sekolah.
Jadi ketika ada tamu yang berkunjung ke SMPN 10 Kota Tasikmalaya, mesti cuci tangan terlebih dahulu.

“Dengan begitu, upaya SMPN 10 dalam mencegah corona ini lebih komprehensif mulai dari menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan penyemprotan disinfektan dua kali sehari,” ujarnya. (riz)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.