Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

SMPN 12 dan 16 Kota Tasik Terapkan Pendidikan Wustho, Yang Lain Kapan?

368
0
DIRESMIKAN. Kadisdik Kota Tasikmalaya, Drs H Ahdiat Siswandi meresmikan madrasah diniyah wustho di SMPN 16 Kota Tasikmalaya, Rabu (28/2/2018). (foto: salsa/radartasikmalaya.com)

TASIK – Guna meningkatkan pendidikan berbasis agama Islam, SMPN 16 Kota Tasikmalaya siap terapkan pendidikan Madrasah Diniyah Taklimiyah tingkat wustho kepada anak didiknya.

Dikatakan Hj Nina Nartalina M Pd, Kepala Sekolah SMPN 16 Tasikmalaya sekolah wustho merupakan salah satu wujud visi SMPN 16 untuk membentuk insan berakhlakul karimah, sesuai visi Kota Tasikmalaya yang relijius, maju dan madani.

“Mendirikan wustho itu sudah menjadi cita-cita kami sejak lama. Alhamdulillah hari ini kami launching dan diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Kota Tasikmalaya,”  ujar Nina saat ditemui Radartasikmalaya.com usai launching program pendidikan wustho, Rabu (28/2).

Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kota Tasikmalaya, Abdul Falah menjelaskan, wustho merupakan jenjang pendidikan madrasah diniyah taklimiyah di tingkat SMP.

Biasanya, kata dia, pendidikan madrasah takmiliyah hanya dilakukan oleh siswa sekolah dasar. Dengan diadakannya pendidikan madrasah wustho di sekolah formal ini, peserta didik mau tidak mau diwajibkan untuk melanjutkan jenjang pendidikan sekolah agama menjadi tingkat wustho yang setara SMP.

“Ya syukur-syukur diwajibkan di semua SMP, kalau bisa hingga tingkat ulya atau madrasah taklimiyah tingkat SMA,” harap Abdul.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Drs H Achdiat Siswandi MP mengatakan, pihaknya mendukung penuh pengadaan pendidikan wustho di sekolah. Bahkan, Disdik Kota Tasikmalaya menargetkan untuk tahun 2018 yakni sebanyak 10 SMP di Kota Tasikmalaya ikut menerapkan pendidikan tingkat wustho di sekolahnya.

“Di sini juga sudah hadir perwakilan-perwakilan kepala sekolah dari SMP negeri lainnya. Ya diharapkan semua SMP di Tasik bisa terinspirasi dan melakukan hal sama, agar anak-anak tidak putus ilmu agamanya sampai di tingkat SD saja,” tandasnya.

Di Kota Tasikmalaya sendiri, SMPN 16 Kota Tasikmalaya merupakan sekolah kedua yang menerapkan pendidikan wustho setelah sebelumnya ada di SMPN 12 sebagai pelopornya.

Nantinya, pendidikan wustho di SMPN 16 akan dilaksanakan setiap hari Jumat muai pukul 13 sampai pukul 16 dan wajib diikuti oleh semua siswa beragama muslim. Materi-materi yang akan diajarkan seperti di antaranya adalah Alquran Hadist, Fiqih, Tauhid, Tajwiz, Bahasa Arab, hingga kaligrafi. (sal)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.