SMPN 3 Kota Tasik Melaju ke OSN Tingkat Nasional

150
PRESTASI. Fikri Fauzan Rahman (kanan) menjadi juara 1 OSN IPS Tingkat Jawa Barat. Ia pun siap melaju ke tingkat nasional.

TASIK – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Kota Tasikmalaya meraih prestasi juara 1 Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tingkat Provinsi Jawa Barat. Dengan raihan ini, SMPN 3 mewakili Jawa Barat ke ajang OSN tingkat nasional.

Selain itu SMPN 3 juga menjuarai perlombaan tingkat kota/kabupaten di antaranya Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Satas Prix III 2019 se-Priangan Timur, Lomba Apresiasi Bahasa dan Sastra Daerah (ABSD) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Kepala SMPN 3 Tasikmalaya Budi Rosakaryana SPd MMPd mengatakan, kemenangan ini merupakan buah perjuangan dan kerja keras peserta didiknya. Mereka telah mengikuti sejumlah seleksi ketat baik di tingkat sekolah hingga di tingkat kota hingga tingkat provinsi.

Ajang OSN tersebut digelar 13 April dan pengumumannya 6 Mei di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. “Tentunya membahagiakan dari OSN yang berhasil melaju sampai tingkat nasional,” katanya.

Berbagai persiapan pun dilakukan sejak jauh hari, demi mendapatkan hasil yang maksimal. “Jadi, SMPN 3 mengupayakan agar siswanya berprestasi baik akademis dan non akademis,” ujar dia.

Siswa yang akan berlaga di OSN tingkat nasional yakni Fikri Fauzan Rahman pun mendapat pembinaan dari sekolah berupa penambahan jam pelajaran.

Budi pun optimis siswanya bisa kembali menjadi Juara OSN di tingkat nasional.

“Kalau melihat kemampuan, Insya Allah kita akan berprestasi di tingkat nasional,” ujarnya optimis.

Guru Pembimbing IPS SMPN 3 Kota Tasikmalaya Sri Sugiarti SPd menuturkan untuk persiapan pelaksanaan OSN tingkat nasional di Yogyakarta pada 30 Juni–6 Juli pihaknya memberi pem­binaan intensif untuk siswa.

“Bobot soal OSN tingkat nasional berkaitan dengan teori dan keterampilan sehingga kita membuat map mapping (peta pikiran) agar metode belajar lebih mudah dan dipahami,” kata dia.

Siswa ber­pres­tasi Fikri Fauzan Rahman menceritakan se­leksi OSN dari tingkat kota hingga pro­vinsi begitu kompetitif

Dengan kerja kerasnya, ia menjadi salah satu dari 136 sis­wa yang me­laju ke tingkat na­sional.

“Op­ti­mis bisa men­dapatkan hasil terbaik,” harap dia. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.