Soal Alsintan, Pemkot Banjar Diminta Aktif Melakukan Jemput Bola

90
0
BANTUAN. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian RI Dr Ir Momon Rusmono (depan kiri) menyerahkan bantuan alsintan ke Pemerintah Kota Banjar Jumat (29/3). (Cecep herdi / radartasikmalaya.com)
Loading...

BANJAR – Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian RI Dr Ir Momon Rusmono meminta pemerintah kota, khususnya Dinas Pertanian Kota Banjar aktif jemput bola soal bantuan alat mesin pertanian (alsintan) ke pemerintah pusat.

Momon menilai produksi pertanian di Kota Banjar harus didukung dengan peralatan yang modern sehingga bisa memaksimalkan produksi pertanian padi.

“Ibu-ibu apakah ibu-ibu sudah memiliki power thresher untuk panen? Atau masih ngagebot (cara memisahkan butir padi dari tangkainya secara manual dengan cara dipukulkan ke bambu atau kayu),” tanya Momon saat kunjungan kerja ke Kota Banjar Jumat siang (29/3).

Momon Rusmono sempat heran saat petani yang sebagian besar ibu-ibu menjawab tidak. Momon kemudian mengintruksikan supaya Kota Banjar produktif dalam mengusulkan bantuan alsintan.

“Banyak peralatan pertanian yang canggih dan efisien serta cepat dalam produksi padi, seharusnya Kota Banjar memilikinya. Ini mohon diperhatikan untuk kepala dinasnya untuk lebih aktif dan produktif dalam menjemput bantuan peralatan ke pemerintah pusat,” katanya.

Loading...

Ia tak yakin petani di Kota Banjar sudah memiliki alat-alat modern dalam memproduksi pertaniannya. Meskipun kondisi padi di Kota Banjar surplus dan mencukupi untuk kebutuhan beras lokal.

“Pemerintah menyalurkan sekitar 400.000 ribu alat pertanian secara nasional. Makanya pak kadis Kota Banjar harus lebih aktif lagi ya. Kalau untuk wilayah Jawa Barat mah saya yakin sudah tersalurkan puluhan ribu alsintan.Tapi apakah dapat atau belum sampai ini, coba dicek,” pintanya.

Dalam kunjungan kerja kementerian pertanian itu, seluruh kelompok tani mendapat bantuan Rp 1,3 miliar. Bantuan itu untuk meningkatkan produksi pertanian perkebunan serta menyejahterakan petani. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.