Soal Dugaan Pelanggaran Administrasi Petahana di Pilkada Tasik, Ini Kata KPU

783
0
Ilustrasi

SINGAPARNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya masih dalam proses mengkaji dan penelitian terhadap berkas dugaan pelanggaran administrasi calon petahana seperti yang direkomendasikan Bawaslu beberapa waktu lalu.

Bahkan KPU pun mengaku sudah konsultasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan KPU RI kaitan kajian tersebut untuk mendapatkan saran dan masukan sesuai peraturan yang ada.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin SAg mengatakan, pada intinya KPU masih dalam proses pengkajian dan penelitian terhadap rekomendasi yang disampaikan oleh Bawaslu.

Baca juga : Belajar Tatap Muka di Kota Tasik Belum Dilakukan, Ini Alasannya..

Menurut Jajang, sesuai Perbawaslu KPU diberikan waktu selama tujuh hari untuk menindaklanjutinya. Sejak Rabu (30/12) berkas diterima langsung ditindaklanjuti, bahkan konsultasi sudah dilakukan ke KPU provinsi termasuk disampaikan ke KPU RI.

Di dalam PKPU Nomor 13 tahun 2014 dan PKPU Nomor 25 tahun 2013 sendiri dalam meneliti dan menganalisis berkas rekomendasi Bawaslu, terang dia, KPU dianjurkan untuk melakukan konsultasi satu tingkat ke atas atau dalam hal ini ke KPU Jabar.

“Intinya kita sudah konsultasi ke provinsi dan sudah dilakukan, bahkan disampaikan ke KPU RI. Tinggal menunggu hasil untuk disampaikan. Masih on proses atau masih dalam proses. Insyaallah Selasa (5/1) kita sampaikan hasilnya,” terang Jajang, kepada Radar, Minggu (3/1).

Koordinator Divisi (Koordiv) Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Khoerun Nasichin menambahkan, bahwa ketika Selasa (5/1) KPU menyampaikan hasil tindak lanjut dari rekomendasi Bawaslu maka waktu yang diberikan sesuai Perbawaslu sudah tepat waktu.

“Terhitung sejak hari Rabu (30/12) tahun 2020 sampai Selasa (5/1) 2021, sesuai Perbawaslu KPU diberikan waktu selama tujuh hari untuk menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu dan hasilnya disampaikan oleh KPU,” papar dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.