Soal Dugaan Pelanggaran Administrasi Petahana, KPU Tasik Belum Punya Jawaban

102
0

SINGAPARNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya berjanji akan mengumumkan hasil penelitian dan pengkajian berkas dugaan pelanggaran administrasi calon bupati petahana yang diteruskan dari Bawaslu beberapa waktu lalu.

Namun, kaitan kapan waktu akan diumumkannya tersebut belum bisa dipastikan oleh KPU. Akan tetapi KPU menegaskan akan bekerja sesuai prosedur dan mekanisme yang ada serta sesuai tenggat waktu yang diberikan.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Istianah SThI MAg kepada Radar, Selasa (5/1).

Dia mengatakan, KPU akan menyampaikan dan mengumumkan hasil kajian terhadap berkas dari Bawaslu sesuai regulasi, akan tetapi tidak akan menentukan kapan atau hari apa akan disampaikan, khawatir menjadi blunder.

“Jadi mohon nanti tunggu saja hasilnya kami akan umumkan, kami tidak bisa memberikan keterangan sedang apa hari ini kemudian menyampaikan apa yang dikaji dan lain sebagainya tidak bisa. Jadi tunggu saja nanti kita akan umumkan,” tegas Istianah kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Yang jelas, terang dia, KPU akan patuh terhadap regulasi termasuk patuh serta mengikuti dengan tenggat waktu yang diberikan. Pada intinya KPU akan patuh terhadap regulasi yang ada landasannya PKPU Nomor 25 Tahun 2013 dan PKPU Nomor 1 Tahun 2015 terkait Penanganan Pelanggaran Administrasi.

“Pokoknya kita tidak akan keluar dari regulasi, kaitan kapan harinya yang penting tidak keluar dari regulasi. Termasuk tunggu saja nanti karena KPU tidak akan berbicara dulu terkait sanksi tetapi kita akan menindaklanjuti terhadap rekomendasi ini,” tegas dia.

Baca juga : Website RSUD Kota Tasik Dihacker Mr.Z

Saat ditanya apakah keputusannya ada di pusat atau daerah? Istianah menegaskan tetap nanti pada saatnya akan diumumkan oleh KPU.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin SAg mengatakan, pada intinya KPU masih dalam proses pengkajian dan penelitian terhadap rekomendasi yang disampaikan oleh Bawaslu.

Menurut Jajang, sesuai Perbawaslu KPU diberikan waktu selama tujuh hari untuk menindaklanjutinya. Sejak Rabu (30/12) berkas diterima langsung ditindaklanjuti, bahkan konsultasi sudah dilakukan ke KPU provinsi termasuk disampaikan ke KPU RI.

“Intinya kita sudah konsultasi ke provinsi dan sudah dilakukan, bahkan disampaikan ke KPU RI. Tinggal menunggu hasil untuk disampaikan. Masih on proses atau masih dalam proses. Insyaallah Selasa (5/1) kita sampaikan hasilnya,” terang Jajang, kepada Radar, Minggu (3/1). (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.