Soal Pelanggar Prokes, Ini Kata Kapolres Garut

25
0
Istimewa PIMPIN APEL. Kapolres Garut AKBP Adi Benny Cahyono memimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan pelaksanaan PPKM di Lapang Setda Garut, Rabu (13/1).

TAROGONG KIDUL – Kapolres Garut AKBP Adi Benny Cahyono menginstruksikan anggotanya untuk tindak ragu dalam menindak para pelanggar prokol kesehatan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Saya minta rekan-rekan tidak ragu dalam penegakan hukum (pelanggaran protokol kesehatan). Sekarang sudah tidak main-main lagi. Tanggung jawab ada di saya,” ujar kapolres saat apel kesiapsiagaan pelaksanaan PPKM di Lapang Setda Garut, Rabu (13/1).

Dalam pelaksanaan PPKM, pihaknya sudah tidak lagi memberlakukan sanksi teguran lisan maupun hukuman push up bagi pelanggar, tetapi akan memberikan tindakan tegas kepada para pelanggar.

Baca juga : Perbaikan Drainase di Perkotaan Garut Minta Dipercepat

“Kalau perusahaan melakukan pelanggaran berat kita tutup. Kalau pelanggarannya ringan kita berikan denda,” ujar Adi kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Akses Bandung – Talegong Garut Masih Terputus

Adi menginstruksikan anggotanya jika ada industri besar atau perkantoran yang melanggar PSBB, di antaranya melebihi kapasitas ruangan, maka akan dilaporkan kepada pemilik usaha untuk selanjutnya ditutup.

“Jika dia industri atau perkantoran melebihi kapasitas laporkan kepada pemilik usaha. Tutup,” katanya.

Ia menyampaikan tim yang bergerak ke lapangan dibagi per klaster, yakni klaster penindakan untuk perkantoran, tempat hiburan, tempat makan, pesantren, wisata, tempat makan, moda transportasi dan keluarga.

“Pelaksanaan PPKM ini lebih dititikberatkan pada penindakan terhadap pelanggar karena Kabupaten Garut salah satu daerah dengan tingkat kepatuhan paling rendah terkait prokes,” ujarnya.

Ia berharap selama dua pekan ke depan ada perubahan yang lebih baik dalam upaya mencegah dan memutus rantai penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Garut.

“Jadi mudah-mudahan dalam waktu dua minggu ini ada perubahan yang signifikan terhadap kepatuhan masyarakat terhadap prokes,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.