Soal Status Kawin Belum Tercatat di KK, Begini Kata Kadisdukcapil Kota Tasik..

3204
0
KK DIPERSOALKAN WARGA
Status perkawinan di KK diisi dengan KAWIN BELUM TERCATAT dipersoalkan warga Kahuripan Tawang Kota Tasik. istimewa untuk radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Tasikmalaya, Imih Misbahul Munir mengaku mempersilahkan warga yang hendak mensomasi soal di Kartu Keluarga (KK) terkait status perkawinan kawin belum tercatat.

Hal ini menyusul dari keluhan warga Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang Kota Tasik, yang berniat mensomasi pihaknya, karena di KK tercantum status perkawinannya belum tercatat.

“Jadi aturan KK mencantumkan status kawin belum tercatat itu sesuai Perpres 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil memiliki landasan yuridis,” ujar Imih yang menghubungi radartasikmalaya.com, Selasa (11/08) malam.

Terang dia, pada tanggal 16 Oktober 2018 lalu, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 tersebut.

Lalu Perpres itu diundangkan pada 18 Oktober 2018 oleh Menkumham Yasonna H Laoly dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 184 di Jakarta.

“Dalam Pasal 11 di Perpres itu menyatakan penerbitan KK baru untuk penduduk WNI harus memenuhi persyaratan, yaitu buku nikah atau kutipan akta perkawinan atau kutipan akta perceraian,” terangnya.

“Kemudian surat keterangan pindah atau surat keterangan pindah datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah NKRI, surat keterangan pindah luar negeri yang diterbitkan oleh Disdukcapil kabupaten kota bagi WNI yang datang dari luar wilayah NKRI, karena pindah,” sambungnya.

Lalu, jelas Imih, dalam Pasal 12 penerbitan KK karena perubahan data harus memenuhi persyaratan KK lama dan surat keterangan atau bukti perubahan peristiwa Kependudukan dan peristiwa penting.

“Kemudian Pasal 13 penerbitan KK karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI harus memenuhi persyaratan, surat keterangan hilang dari kepolisian atau KK yang rusak dan KTP-el. Maka somasinya ke Presiden RI karena itu Perpres,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

Berita terkait :
Warga Tawang Ancam Somasi Pemkot Tasik Gara-Gara Ini..
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.