Soal Tower tak Berizin, Warga Tunggu Aksi Pemkot Banjar

161
0

BANJAR – Warga Lingkungan Pintusinga RT 02 RW 17 Kecamatan Banjar berharap Pemerintah Kota Banjar benar-benar serius menangani persoalan menara telekomunikasi (tower) tidak berizin.

Seperti diketahui, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar saat ini sedang melakukan proses penindakan sedangkan Satpol PP sudah memberikan surat peringatan pertama ke pemilik tower.

“Kalau jelas tidak berizin, jangan setengah-setengah penindakannya. Pemkot harus punya target sampai tower itu dibongkar. Kecuali masih ada kesempatan bagi pemilik tower untuk melakukan proses perizinannya,” ujar Siti Mae, warga RT 02 Lingkungan Pintusinga Kecamatan Banjar.

Ia mengatakan jika pemkot bisa memberikan kebijakan untuk mengeluarkan perizinan tower, pemilik tower harus diberikan komitmen untuk bertanggungjawab terhadap warga yang terdampak. Contohnya barang elektronik yang rusak akibat keberadaan tower.

“Selama ini tidak ada perhatiannya, sudah diusulkan juga tapi tidak ada tanggapan dari yang punya towernya,” kata dia.
Kuasa Hukum warga, Hendrayana mengaku sudah lelah berharap penindakan dari Pemkot. Ia mengaku sudah berkali-kali meminta pemkot melakukan penindakan, namun tak pernah sesuai harapan. “Makanya akan kita gugat,” kata dia.

Bongkar Tower Perlu Rp 18 Juta

Loading...

Sementara itu Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kota Banjar Asep Sutarno mengatakan penindakan tengah dilakukan dengan beberapa tahapan sesuai prosedur.

Estimasi dari peringatan surat pertama hingga pembongkaran kurang lebih satu setengah bulan.

“Banyak kendalanya, salah satunya ketika kita bongkar juga perlu biaya. Satu menara tower saja sekitar Rp 18 juta ongkos pembongkarannya karena harus oleh ahlinya dibongkarnya itu. Kendala-kendala itu sedang kita pikirkan sambil proses penindakan terus berjalan,” kata dia. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.