Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4%

19.6%

8.1%

68.3%

Software Karya Mahasiswa STT YBSI Tasik, Tingkatkan Hasil Pertanian

53
0
Istimewa. BERKARYA. Mahasiswa STT YBSI Tasikmalaya Alam merancang software untuk meningkatkan produktivitas petani di Kabupaten Tasikmalaya. Karyanya dipresentasikan pada Konferensi Nasional Ilmu Komputer baru-baru ini.
Istimewa. BERKARYA. Mahasiswa STT YBSI Tasikmalaya Alam merancang software untuk meningkatkan produktivitas petani di Kabupaten Tasikmalaya. Karyanya dipresentasikan pada Konferensi Nasional Ilmu Komputer baru-baru ini.

TASIK – Mahasiswa tingkat akhir Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional (STT YBSI) Tasikmalaya Alam MOS lolos untuk melakukan presentasi pada acara Konferensi Nasional Ilmu Komputer secara daring. Acara tersebut digelar oleh Aptikom (Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer).

Alam mengatakan, ia bangga karena karyanya bisa dipresentasikan di ajang nasional. Sebagai mahasiswa daerah, ia pun bangga bisa membawa nama Tasikmalaya dan bersaing dengan mahasiswa lainnya dari berbagai daerah.

“Bagi saya, kuliah itu tak sekadar lulus tapi harus bisa berkarya,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (13/6).

Alam mengatakan, di ajang tersebut ia mempresentasikan penelitian yang berjudul Rancang Bangun Sistem Prediksi Varietas Padi yang Cocok dengan Lahan Menggunakan Metode Data Mining Algoritma C4.5 studi kasusnya Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini dibimbing langsung oleh Ketua STT YBSI Dewanto Rosian Adhy MT.

“Ide penelitian ini berawal karena penurunan hasil pertanian padi karena perubahan cuaca yang sulit diprediksi. Sehingga petani kesulitan dalam menentukan varietas padi yang cocok dengan lahan yang dimiliki, apalagi petani yang masih awam dan belum berpengalaman,” katanya.

Padahal kesesuaian varietas padi dengan lahannya dapat meningkatkan hasil panen baik secara kuantitas maupun kualitas.

Dari masalah tersebut, sambungnya, ia terdorong untuk membuat sistem prediksi yang mampu membantu petani dalam menentukan varietas padi sesuai dengan lahan.

“Objek penelitian pada penelitian ini yaitu Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian menggunakan metoda data mining dan Algoritma C4.5 atau decision tree dalam proses perhitungannya,” katanya.

Ia menjelaskan, manfaat dan tujuan dari penelitian tersebut yakni untuk mengetahui pengaruh varietas padi terhadap hasil pertanian di Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu untuk mengetahui cara memprediksi varietas padi yang cocok di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

“Melalui penelitian tersebut, kita juga jadi mengetahui cara menentukan varietas padi berdasarkan kondisi lahan dan cuaca dengan Data Mining, membuat rule prediksi varietas padi dengan data mining dan lain-lain,” katanya.

Melalui penelitian ini diharapkan bisa membantu petani dalam proses pemilihan varietas padi yang cocok untuk ditanam di lahan pertaniannya, hasil panen petani dapat meningkat, mengurangi risiko gagal panen.

“Tujuan besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan membantu ketahanan pangan nasional,” katanya.

Ia menjelaskan, cara kerja dari sistem yang dibangun ini, petani akan diminta memasukan data-data lahan yang dimiliki, lalu sistem akan secara otomatis menghitung dan memberikan hasil nama varietas yang cocok dengan lahan tersebut.

“Sistem yang dibangun ini belum rampung sepenuhnya masih perlu beberapa penyempurnaan. Diharapkan sistem ini dapat digunakan oleh petani di Kabupaten Tasikmalaya sehingga hasil pertanian di Kabupaten Tasikmalaya dapat me­ningkat,” harapnya. (rls/na)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.