Sonagar Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

133
0
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyerahkan Bus Pesona Garut (Sonagar) bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Organisasi Angkutan Darat (Organda) Garut. Bus wisata tersebut belum dioperasikan karena dalam tahap pembahasan rute.

“Kalau uji coba sudah dilakukan. Operasional resminya belum,” ujar Ketua Organda Garut Yudi Nurcahyadi Selasa (11/6). Berdasarkan hasil pembahasan sementara, rute untuk uji coba bus wisata hanya berada di sekitaran wilayah kota, dimulai di Pendopo Garut, ke Dodol Picnic, Sukaregang, Copong, Alun-Alun Tarogong dan kembali ke pendopo.

Pihaknya juga mengajukan opsi rute kedua, yakni dari Pendopo lalu ke Cipanas, Jalan Anwar Musadad, Situ Bagendit dan kembali ke pendopo. “Rute belum ada kesepakatan, tarifnya juga belum ditentukan. Sepertinya uji coba dulu dan akan digratiskan,” ucapnya.

Yudi masih menunggu surat keputusan dari bupati untuk tarif resmi. Namun dia memperkirakan ongkos naik bus Sonagar tak akan lebih dari Rp 20 ribu. “Nanti busnya juga bisa dicarter sama anak sekolah. Bisa difungsikan sebagai wahana edukasi anak-anak,” ujarnya.

Dia menerangkan kehadiran Bus Sonagar bakal menjadi daya tarik bagi warga dan wisatawan yang berkunjung ke Garut. Selain itu, wisatawan juga bisa dikenalkan dengan berbagai tempat wisata yang berdekatan dengan pusat kota Garut. “Ini bisa menjadi daya tarik dan mendongkrak pariwisata di Garut,” terangnya.

Yudi menambahkan rencananya pemerintah provinsi juga akan menghibahkan kembali bus wisata serupa kedepannya untuk menunjang pariwisata di Garut. “Mudah-mudahan Garut dapat dua lagi bus seperti ini,” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.