Sorgum Gantikan Terigu

357
0
APRESIASI. Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya Erry Purwanto menunjukkan olahan sorgum kepada Wagub Jabar Deddy Mizwar kemarin (2/11). foto: DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

CIGALONTANG – Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya Erry Purwanto mengajak petani membudidayakan tanaman serbaguna sorgum demi meningkatkan kesejahteraan. Karena, sorgum dapat digunakan sebagai sumber pangan, bahan baku industri dan pakan ternak.
Usai acara peresmian jaringan listrik pedesaan untuk 233 dusun di Wilayah PLN Distribusi Jawa Barat tahun 2017 di Dusun Cipalangka Desa Tanjungkarang Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (2/11), Erry menyebut sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi dan kedelai.
Kata dia, sorgum belum banyak dikenal masyarakat. Tapi, kalau petani memahami tentang bagaimana membudidayakannya, maka produktivitas petani akan meningkat. “Produksi sorgum tinggi, sekali tanam bisa tiga kali panen,” terang dia.
Sekarang, kata dia, tinggal bagaimana pemerintah daerah dan provinsi mempunyai kemauan untuk memberikan dorongan kepada petani untuk menanam sorgum sebagai pengganti terigu.
”Kalau perlu untuk stimulannya diberikan. Budi daya sorgum solusi terbaik bagi petani dalam rangka meningkatkan pendapatannya. Kalau petani produktif tentu pendapatannya bertambah. Kalau pendapatannya bertambah tentu kesejahteraannya terangkat,” tegas dia.
Selama ini, jelas dia, masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya mengonsumsi terigu sampai ribuan ton setahun. ”Sekarang kalau terigu itu susah didapat kenapa tidak kita beralih ke sorgum. Kalau bisa 10-20 persen peredaran sorgum di masyarakat ada sebagai pengganti terigu,” urai dia.
Ketua Himpunan Masyarakat Peduli Pertanian Indonesia (Himppi) Tasikmalaya Lili Sutarli Suryadilaga menambahkan sorgum di zaman Orde Lama sudah ada. ”Sorgum bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi masyarakat. Tinggal petani bisa membudidayakannya. Saya minta kepada pemerintah ada kebijakan untuk mendorong petani budi daya sorgum,” jelasnya.
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melihat kemauan HIMMPI untuk pengembangan sorgum sangat baik. “Ya bagus untuk pengembangan. Sorgum sebagai alternatif dari terigu. Nol persen glukosa, lebih sehat, lebih murah dan terjangkau,” ungkapnya. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.