Soroti Rp 20 M Lahan UMKM

260
0
RAPAT INTERNAL. Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya saat menggelar rapat internal, Selasa (24/4).
Loading...

INDIHIANG – Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya akan me­manggil Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKM Perindag) terkait penggunaan dana Rp 20 miliar untuk pembebasan lahan sentra UMKM di Jalan Letjen Mashudi yang sudah dialokasikan pada Anggaran Perubahan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Para anggota legislatif ini ingin mengetahui sejauh mana progres pembebasan lahannya.

“Awalnya pemkot mengusulkan itu Rp 28 miliar. Namun di­kurangi menjadi Rp 20 miliar. Peruntukannya sendiri untuk sentra produk UMKM yang rencananya dibangun di Jalan Mashudi,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Ichwan Saffa saat menggelar rapat internal komisi, Selasa (24/4).

Sejauh ini, kata dia, pihaknya masih terbentur beberapa agenda mulai dari reses, panitia khusus (Pansus) dan lain sebagainya. Sehingga pekan depan di­ren­canakan mengundang Dinas KUMKM Perindag untuk mengikuti evaluasi triwulan terakhir serta pendalaman triwulan pertama awal 2018.

“Kami juga belum tahu lokusnya itu seperti apa, lokasinya sebelah mana. Memang kita sadari sudah perlu adanya pembebasan lahan untuk pemkot. Sebab selama ini mereka (pemkot) kerap berdalih keterbatasan lahan untuk kegiatan relokasi atau membangun sarana ini itu,” jelasnya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Dede Muharam menambahkan berapa luas yang bakal dibebaskan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 20 miliar pun, dirinya belum memahami betul. Sebab, komunikasi nonformal dengan dinas terkait juga sulit dilakukan.

Loading...

Lantaran diketahui pucuk pimpinannya kerap tidak berada di dalam kota. “Kita tekankan agar pembebasan lahan kali ini, tidak menyisakan persoalan seperti Jalur Lingkar Utara dan pembebasan lainnya. Jangan menjadi persoalan di kemudian hari, maka perencanaan dinas teknis sejauh mana akan kita pantau,” papar dia.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya H M Firmansyah sedang tidak berada di kantor. Dari informasi yang dihimpun Radar, dirinya tengah melaksanakan perjalanan dinas ke Jerman sejak beberapa hari lalu. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.