Sosialisasikan Program Kepada BLK Komunitas

77
0
SOSIALISASI. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Widya Satriyanto dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Garut Rd Tedi usai sosialisasi manfaat BPJS Ketenagakerjaaan Senin (9/12). Soni tarsoni / rakyat garut

GARUT KOTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Perintis Garut menyosialisasikan programnya kepada 22 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pondok Pesantren di Garut. Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Garut itu digelar di Aula Islamic Center Jalan Pramuka No 24 Garut Kota Senin ( 9/12).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Perintis Garut Widya Satriyanto mengatakan sosialisasi menjadi jembatan untuk BLK memproteksi peserta pelatihan di tempatnya, termasuk para pungurusnya. Itu karena Balai Latihan Kerja sudah ada badan hukumnya, sehingga masuk kategori penerima upah.

“Tapi terhadap pesertanya bisa diklasifikasikan sebagai bukan penerima upah, karena belum ada sesuatu yang bisa dihasilkan,” katanya

Dia menjelaskan beberapa program BPJS Ketenagakerjaan. Diantaranya progam jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM) dan jaminan hari tua (JHT). Dengan beberapa program itu, manfaat yang bisa diperoleh apabila terjadi kecelakaan yakni mendapatkan biaya perawatan pengobatan dan santunan. “Jika kecelakaan tersebut mengakibatkan kematian, maka diganti 48 kali gaji. Sedangkan untuk kematian bukan karena kecelakaan, yakni sakit maka dapat santunan 24 juta,” ujarnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Garut Raden Tedi menuturkan sebanyak 22 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas terdiri dari pesantren-pesantren dan yayasan keagamaan. “Di Komunitas Pesantren ini ada yang bergerak di bidang pelatihan kejuruan komputer, menjahit. Kebanyakan itu mencetak foto,” kata dia.

Menurut dia, BLK berperan mencetak sumber daya manusia yang terampil dan siap kerja. “Untuk penyaluran tenaga kerja, pemerintah akan bekerja sama dengan perusahaan yang di Garut untuk merekrut tenaga ahli lulusan BLK,” katanya. (son)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.