Southgate Panggil Sancho

4

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

GARETH Southgate memanggil beberapa wajah baru ke dalam skuat Timnas Inggris senior untuk dua laga uji coba internasional menghadapi Kroasia dan Spanyol pada pekan depan.

Penampilan para pemain muda yang memiliki performa gemilang seperti James Maddison, Mason Mount dan Jadon Sancho tak lepas dari incaran Southgate untuk memakai jasanya memperkuat tim berjuluk The Three Lions.

Southgate mengatakan pemanggilan ketiga pemain muda itu tak lepas dari program pihaknya dalam 18 terakhir ini.

Selain itu, banyaknya pemain yang cedera khususnya di lini tengah seperti Dele Alli, Jesse Lingard dan Ruben Loftus Cheek juga menjadi salah satu alasan pihaknya memanggil ketiga pemain muda itu.

“Ini sejalan dengan yang telah kami lakukan dalam 18 terakhir ini. Kami juga mendapat cedera khususnya di lini tengah (seperti Delle Alli, Lingarrd dan Ruben) dan Fabian Delph memiliki peluang juga di sana,” tutur Southgate.

“Oleh sebab itu kami memiliki keputusan untuk menggunakan peluang itu (menggunakan pemain muda). Kami pikir beberapa pemain muda ini sangat menarik, jadi penting bagi kami untuk menginvestasikan waktu pada mereka dan kami cari melalui klub mereka serta tim junior kami,” sambungnya.

Dari ketiga pemain muda itu yang menjadi perbincangan hangat adalah, Jadon Sancho. Ya, mesin assist Borussia Dortmunt terus menjadi pembicaraan hangat lantaran ia yang masih menginjak usia 18 tahun tersebut dipanggil skuat Timnas Inggris senior. Sancho pun tercatat sebagai pemain kelahiran 2000-an pertama untuk The Three Lions.

Namun, pemanggilan Sancho bukan tanpa alasan. Pasalnya, Sancho yang berani meninggalkan Manchester City pada Agustus 20017, langsung bersinar bersama Borussia Dortmund sejak awal musim.

Di musim pertamanya, Sancho main 12 kali di Bundesliga dengan torehan satu gol dan empat assist. Total menit mainnya adalah 685 menit atau rata-rata 57 menit per laga. Angka yang lumayan untuk pendatang baru seperti Sancho.

Statistik itu lantas meningkat musim ini ketika pelatih baru Dortmund, Lucien Favre, lebih banyak mempercayakan Sancho sebagai starter.

Berposisi sebagai winger, Sancho bermain 10 kali dengan membuat satu gol dan 10 assist. Ya, teknik individu Sancho yang dilengkapi dengan kecepatan jadi senjata baru Dortmund hingga mereka kini memuncaki klasemen Bundesliga.

“Sancho memiliki cerita yang tidak biasa bagi seorang pemain muda Inggris. Karena ia cukup berani untuk pergi ke luar negeri dan bermain di klub besar (Dortmund) dan sukses. Bahkan ia, menjadi starter di dua laga Liga Champions dan memberikan pengaruh besar bagi Dortmund,” tutur Southgate.

“Itu merupakan keputusan yang cukup berani, karena ia pergi untuk menciptakan peluang. Selain itu, keputusannya itu memberitahu Anda tentang karakternya, dan itu bisa terlihat dari cara bermainnya, dia memiliki kepercayaan sangat besar pada dirinya,” sambungnya.

Kehebatan Sancho diakui oleh mantan gelandang Inggris yang juga pernah bermain di Dortmund, Paul Lambert.

Menurutnya, pengalaman Sancho di Dortmund akan sangat berharga. Dan ia yakin pengalaman Sancho di Dortmund membuatnya tak akan kesulitan di Timnas Inggris. (fin)

loading...