Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.3%

53.8%

6.8%

0.7%

12.9%

0%

23.2%

0%

Spekulasi Kepulangan HRS Diragukan

22
0

DRAMA kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menjelang Reuni 212 menyita perhatian publik. Videonya HRS di sebuah bandara yang tersebar di media sosial pun viral. Sayangnya informasi tersebut merupakan kabar bohong alias hoaks.

Ya, dalam video berdurasi satu menit sembilan detik yang beredar itu, Habib Rizieq tampak memakai serban putih dan gamis putih. Ia terlihat keluar dari bangunan seperti bandara dan disambut jemaah dengan selawat serta takbir.

“Iya (hoaks, red). Video tersebut telah di debunk atau diklarifikasi oleh pemeriksa fakta kami,” kata Direktur Operasional Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Dewi S Sari, kemarin (1/12). Meski demikian, Mafindo sendiri tidak mau berspekulasi terkait motif tersebarnya video kepulangan Habib Rizieq tersebut.

“Kami tidak dalam kapasitas mengomentarinya. Kami lebih konsentrasi pada pemeriksaan fakta dan edukasi terkait hoaks,” kata Dewi. Terlepas dari motivasi sebenarnya dari tersebarnya video tersebut, Mafindo menginventarisasi beberapa motivasi orang menyebarkan hoaks. Mulai dari motivasi uang, ideologi, iseng, politik, atau motivasi lainnya.

“Tapi dalam kasus ini, hanya penyebarnya yang tahu (motivasi) sebenarnya,” ujarnya. Apa pun yang jadi motivasi atau alasan penyebar video kedatangan Habib Rizieq di bandara, hoaks adalah urusan serius.

“Konsekuensi dari penyebaran hoaks pada pelaku, secara umum, jika dilaporkan ya bisa terkena UU ITE atau jika ada yang merasa terugikan si pelaku bisa kena pasal pencemaran nama baik,” kata Dewi.

Video kepulangan Rizieq ke Tanah Air yang viral itu juga sudah dibantah oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie. Menurut dia, di bandara-bandara seperti Soekarno-Hatta, Juanda, atau Batam, belum ada data perlintasan Habib Rizieq masuk ke Indonesia.

Ketua Tim Bantuan Hukum FPI, Sugito Atmo Prawiro juga mengatakan belum mendengar kabar soal kepulangan Habib Rizieq tersebut. Kendati masih simpang siur, keberadaan Habib Rizieq di Indonesia menjelang acara reuni 212 cukup krusial.

Berulang kali ia menegaskan akan berupaya mengurus kepulangan Rizieq untuk hadir di reuni 212. “Kedatangan Rizieq tentu akan menjadi dorongan besar yang berpotensi meramaikan acara reuni 212 yang kini sudah tidak lagi mendapat dukungan dari berbagai organisasi Islam,” tutur dia.

Ya, sebuah video kepulangan HRS di Bandara Juanda Surabaya berdurasi satu menit sembilan detik yang viral hanya video lama pada April 2017 silam. Dalam cuplikan video, tampak HRS keluar dari bandara dengan dikawal oleh massa FPI. Ia pun terlihat mengenakan baju gamis putih dan serban putih.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi menjelaskan, ada negosiasi oleh otoritas tinggi antara Arab Saudi dan Indonesia terkait persoalan HRS. Masalah ini sebenarnya sedang dinegosiasikan oleh otoritas pejabat tinggi kedua negara. “Kami berharap ini segera bisa diselesaikan,” kata Essam.

Essam tidak menjelaskan secara rinci apa yang telah dinegosiasikan oleh otoritas tinggi kedua negara tersebut. Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan bahwa Habib Rizieq tidak bisa pulang karena tinggal di suatu tempat lebih lama daripada masa yang diizinkan (overstay).

Solusi dari masalah itu adalah de­ngan membayar denda overstay sekitar 15.000 sampai dengan 30.000 riyal atau Rp 110 juta per orang. Namun, faktor overstay ini ditanggapi oleh pengacara Habib Rizieq bahwa overstay itu pun bukan kesalahan Habib Rizieq karena habisnya visa Habib Rizieq pada tanggal 20 Juli 2018.

Sebelum 20 Juli 2018, Habib Rizieq mengaku sudah mencoba untuk keluar dari Arab Saudi supaya visanya masih bisa berlaku. Nah pada Milad Ke-21 FPI, Habib Rizieq lalu menuding pemerintah Presiden Joko Widodo meminta ke Kerajaan Arab Saudi agar dirinya dicekal hingga pelantikan presiden. Selanjutnya pada tanggal 10 Oktober 2019 melalui video Habib Rizieq menunjukkan bukti surat dua lembar yang disebutnya sebagai surat pencekalan.

Menurut dia, pemerintah Arab Saudi bakal mencabut pencekalannya jika sudah ada perjanjian resmi pemerintah Indonesia untuk tidak mengganggunya. Terkait adanya negosiasi itu menimbulkan misteri, sebab Habib Rizieq tercatat masih memegang paspor warga negara Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan HRS masih memegang paspor warga negara Indonesia. “Datanya jelas kok, beliau masih WNI,” singkatnya.

Sejalan dengan itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD kembali menegaskan, pemerintah Indonesia tidak melakukan pencekalan kepada HRS yang masih berada di Jeddah, Arab Saudi untuk kembali ke Tanah Air.

“Tentang kepulangan HRS, kami tadi berdiskusi mengecek ke semua lini, jalur-jalur yang kami miliki, jalur Menteri Agama, jalur Mendagri jalur Menko Polhukam, itu ternyata memang tidak ada sama sekali pencekalan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia,” kata Mahfud MD.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa terhadap Habib Rizieq karena urusannya bukan dengan pemerintah Indonesia. “Kalau memang ada bukti sekecil apa pun bahwa itu dicekal oleh pemerintah Indonesia, ya diserahkan kepada Menteri Agama kepada Menko Polhukam atau Mendagri nanti akan diprosesnya, akan diklarifikasi sejelasnya, kalau memang ada,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Namun demikian, kata Mahfud, hing­ga saat ini tidak ada laporan ter­kait persoalan itu dan Habib Rizieq sendiri tidak pernah melapor ten­tang masalahnya kepada Konjen RI di Jeddah, Arab Saudi. Kedubes Indo­nesia dan Konjen RI di Jeddah akan berusaha membantu kepada warga Indonesia yang berada di Jeddah.

Bahkan Mahfud menegaskan Kedubes Indonesia dan Konjen di Jeddah itu kalau ada orang tabrakan saja kalau melapor pasti dibantu dan jika minta pulang akan dipulangkan, sakit dibawa ke rumah sakit. “Nah kalau ini tidak melapor lalu kita turun tangan nanti malah kita yang salah,” kata Mahfud. (tim/fin/ful)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.