Beranda Nasional Spesialis Bedah Saraf RSCM soal Metode DSA Dokter Terawan

Spesialis Bedah Saraf RSCM soal Metode DSA Dokter Terawan

400
BERBAGI

JAKARTA – Metode pengobatan yang dilakukan Dokter Terawan Agus Putranto SpRad adalah Digital Substraction Angiography (DSA).

Cara tersebut dianggap dapat memperlancar pembuluh darah otak yang tersumbat oleh plak. Sumbatan inilah yang menyebabkan stroke.

Ditemui di tempat berbeda spesialis bedah saraf RSCM dr Wismaji Sadewo SpBS (K) menuturkan, DSA tidak ada pengaruhnya bagi penyandang stroke atau pun orang sehat.

Tindakan tersebut tidak dapat menghilangkan plak yang menyumbat maupun mengurangi risikonya. “Ibaratnya baju kena lumpur, cukup dibersihkan pakai air. Kalau terkena cat harus pakai tinner. Nah plak itu seperti cat,” ucapnya.

Pengobatan stroke karena penyumbatan sebenarnya dilakukan beberapa tahap. Pertama adalah dengan diluruhkan plaknya dengan obat tertentu. “Awam bilangnya diberi soda api,” tuturnya.

Selanjutnya dilakukan penyedotan plak. Jika cara ini tidak bisa maka dilakukan tindakan balonisasi di pembuluh darah otak. Cara terakhir adalah diberikan stent.

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengaku pihaknya memberikan dukungan kepada Dokter Terawan Agus Putranto SpRad, pakar cuci otak yang dipecat oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dokter Terawan saat ini masih menjabat sebagai kepala RSPAD Gatot Subroto.

“Rumah sakit ini (RSPAD Gatot Subroto, Red) rujukan seluruh prajurit se-Indonesia. Dengan pemberitaan ini namanya buruk. Saya tidak ingin hal itu terjadi,” ujar Abdul Kharis di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (4/4).

(lyn)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.