SPP Tuntut Hak Kelola Tanah

UNJUK RASA. Ratusan petani yang tergabung dalam SPP Kabupaten Ciamis berunjuk rasa di Kompleks Pemkab Ciamis, Rabu (15/8). (Iman S Rahman / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Sekitar 300 petani yang tergabung dalam Serikat Petani Pasundan (SPP) Kabupaten Ciamis melakukan unjuk rasa di Kompleks Pemkab Ciamis, Rabu (15/8) pada pukul 10.00.

Mereka menyuarakan mengenai hak tanah di Kecamatan Banjaranyar.

Koordinator lapangan (korlap) aksi SPP Kabupaten Ciamis Isak Ramdani menerangkan unjuk rasa itu untuk memperjuangkan tanah petani agar tanah yang sebelumnya HGU itu tidak jatuh ke pihak lain.

Saat ini, lahan yang sudah digarap para petani sejak lama diserahkan ke perusahaan tersebut.

Maka dari itu, pihaknya menuntut hak petani berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak atas tanah.

Pemerintah pusat pun sudah merencanakan akan memberikan lahan di Kecamatan Banjaranyar itu kepada masyarakat. Namun, Pemkab Ciamis malah menyerahkannya ke perusahaan.

“Apabila sekarang tuntutan kami tidak digubris maka akan datang lagi dengan massa yang lebih besar,” jelasnya.

Isak juga meminta Pemkab Ciamis untuk memakai tim terpadu yang sudah dibentuk untuk menyelesaikan masalah ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis Drs H Asep Sudarman MPd menyatakan pihaknya akan menyelesaikan permasalahan tanah tersebut dan berpihak kepada masyarakat dengan bersandar pada aturan-aturan yang sudah ada.

Hal-hal yang disampaikan oleh para petani melalui SPP akan menjadi bahan pertimbangan.

“Setelah ini kami akan sampaikan kepada bupati,” paparnya. (isr)

loading...