Stabilkan Harga Melalui Paket Sembako Murah

46
0
SEMBAKO MURAH. Pelaksana harian (Plh) Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Drs H Iin Aminudin MSi memberikan secara simbolis paket sembako murah kepada warga kurang mampu di Kantor Desa Singaparna, Rabu (8/5). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Sebanyak 2.768 warga kurang mampu se-Kecamatan Singaparna mendapatkan bantuan paket sembako murah seharga Rp 63.900 dari kegiatan operasi pasar murah (OPM) yang diseenggarakan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (8/5).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tasikmalaya, H Heri Sogiri MM menjelaskan OPM ini memberikan paket sembako murah kepada 2.768 warga kurang mampu.

Dalam satu paket, terdapat tiga jenis kebutuhan sembako. Yakni beras lima kilogram, gula pasir tiga kilo gram dan minyak sayur tiga liter.

“Kalau dinominalkan ke rupiah seharga Rp 133.300. Kemudian ada potongan bantuan subsidi pemerintah daerah sebesar Rp 69.400 dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tasikmalaya, jadi masyarakat hanya membeli setengah harga atau Rp 63.900,” ungkapnya kepada wartawan, kemarin.

Selanjutnya, kata dia, OPM pun akan digelar kembali dengan bantuan dari Pemprov Jawa Barat di Kecamatan Ciawi. Rencannya kegiatan tersebut dilaksanakan pertengah Ramadan.

Plh Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Drs H Iin Aminudin MSi menjelaskan pelaksanaan OPM ini dalam rangka menekan harga sembako selama Ramadan agar terjangkau masyarakat.

“Pemerintah mempunyai kewajiban untuk mempengaruhi dan menstabilkan harga pangan. Maka kami buat tim satgas pangan, termasuk OPM untuk menstabilkan harga,” paparnya.

Camat Singaparna, Denden Trio mengaku paket sembako murah ini sangat membantu masyarakatnya dalam menghadapi kondisi harga kebutuhan pokok yang mulai naik di Bulan Ramadan.

“Kami berharap jangan satu kali saja kegiatan OPM ini, bahkan di akhir Ramadan diharapkan ada juga operasi pasar murah lagi,” harapnya.

Kepala Desa Singaparna H Utep Y Sudrajat mengatakan pemberian paket sembako murah ini sangat bermanfaat sekali bagi warga. Mengingat harga kebutuhan pokok saat ini terus merangkak naik.

“Jadi dengan paket sembako murah ini masyarakat terbantu, karena harganya lebih murah 50 persen dari harga normal,” katanya.

Nining (46), salah satu penerima paket sembako murah mengaku berterima kasih kepada pemerintah daerah sudah mengadakan OPM di tengah harga bahan pokok di pasar terus mengalami kenaikan.

“Alhamdulillah bisa dapat bahan sembako beras, gula sama minyak dengan harga murah. Ya keinginannya mah mau bawang putih, karena harganya naik dan barangnya kurang,” harapnya.(dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.