Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Stan Mandiri Harus Modal Sendiri

47
0
PERSIAPAN. Stan Pameran Tasik Kreatif sedang dipersiapkan di lapangan upacara Dadaha, Kamis (10/10). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA

CIHIDEUNG – Sebanyak 108 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Tasikmalaya sudah dinyatakan lolos melalui proses kurasi untuk mengisi stan Pameran Kreatif Tasikmalaya. Pelaku usaha yang tidak lolos bisa ikut serta dengan konsekuensi menggunakan modal sendiri.

Pameran Tasik Kreatif akan dilaksanakan mulai 13 sampai 15 Oktober 2019. Pemerintah sudah mulai melakukan pemasangan stan-stan bambu di lapangan upacara Dadaha, Kamis (10/10).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKM-Perindag) Kota Tasikmalaya H M Firmansyah mengatakan, antusias pelaku UKM yang mendaftar cukup tinggi. Ada lebih dari 250 peserta yang ingin mengisi stan di pameran kreatif dalam rangka HUT Kota Tasikmalaya itu.

“Tapi setelah melalui proses kurasi, kami tentukan 108 yang diputuskan bisa mengisi stan secara gratis,” tuturnya.

Menurut Firmansyah, banyak di antara para pendaftar tidak memenuhi syarat untuk diikutsertakan dalam pameran. Di antaranya produk yang mereka jual bukan merupakan khas Tasikmalaya. “Karena syaratnya kan harus produk khas Kota Tasikmalaya, seperti kerajinan mendong, kerajinan kayu dan lain-lain,” katanya.

Ada sekitar 80 stan yang disediakan oleh pemerintah kota dalam pameran tersebut. Selain pelaku UKM yang lolos kurasi, juga akan diisi oleh beberapa pemerintah kota dan kabupaten lain serta kuliner. “Satu stan tidak diisi oleh satu pelaku usaha saja, tapi ada yang dua sampai tiga pelaku usaha,” tuturnya.

Untuk pelaku usaha yang tidak lolos kurasi, kata Firmansyah, pihaknya menyediakan lahan khusus. Akan tetapi pemkot tidak menyediakan stan sehingga harus menyiapkan sarana secara mandiri. “Untuk stan mandiri sudah ada sekitar 28 yang daftar, kebanyakan perusahaan-perusahaan,” ujarnya.

Stan mandiri tidak bisa dibangun sembarangan, pihaknya merekomendasikan beberapa spesifikasi seragam. Hal itu supaya tidak mengganggu estetika dari Pameran Tasik Kreatif. “Kalau dibebaskan, nantinya bisa pasang tenda seenaknya dan tidak tertata,” tuturnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.