Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.7%

8.1%

3.5%

23.6%

2.3%

45%

0.1%

16.7%

0%

Sterilkan Area Trotoar Masjid Agung

202
0
DIJAGA. Para petugas Satpol PP Kota Tasikmalaya menggeser gerobak pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Rabu (23/5).

TAWANG – Belasan petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) menjaga area trotoar Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Rabu (23/5).

Penjagaan tersebut agar trotoar bebas dari pedagang yang menghalangi para pejalan kaki.
Kepala Dinas Satpol PP-Damkar Kota Tasikmalaya Drs H Budy Rahman menjelaskan bahwa beberapa hari sebelumnya kawasan trotoar masjid agung digunakan para pedagang kaki lima (PKL). Terlebih di bulan Ramadan ini banyak bermunculan PKL-PKL dadakan.

“Beberapa hari ini suka ada yang berjualan di trotoar makanya kami jaga,” ungkapnya kepada Radar.

Pihaknya tidak melarang warga untuk berjualan dan mengais rezeki. Akan tetapi harus tetap menghargai hak warga lainnya. Salah satunya dengan tidak menggunakan trotoar yang diperuntukkan sebagai jalur pejalan kaki. “Boleh saja berjualan tapi jangan di trotoar,” terangnya.

Selain itu, Budy mengharapkan masyarakat yang salat dan iktikaf di masjid pun bisa lebih fokus tanpa ada gangguan hingar-bingar pedagang.

Karena bagaimana pun lingkungan masjid merupakan kawasan untuk ibadah tanpa diganggu keramaian perdagangan. “Biarkan warga beribadah dengan tenang dan nyaman,” katanya.

Efek banyaknya PKL dadakan termasuk di lingkungan Masjid Agung ditambah mobilitas warga yang ngabuburit membuat jalur lalu lintas sangat padat. Sehingga petugas pun terus menggeser gerobak pedagang yang terlalu ke tengah.

Selama petugas berjaga dan berkeliling tidak ada satu pun pedagang yang berani membuka lapaknya di trotoar.

Disinggung ada sejumlah pedagang yang dagang di dalam lingkungan masjid, Kasi Ops Satpol PP Sandi A Sugih menyebut hal itu sudah di luar kewenangannya. Pihaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada pihak keamanan Masjid Agung. “Kita yang di luarnya saja. Yang di dalam bukan kewenangan kami,” tuturnya.

Selain menyiagakan personel, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Satpol PP pun menyiagakan mobil pemadam kebakaran. Hal itu sebagai bentuk keseriusan Satpol PP dalam upaya preventif. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.