61 Mahasiswa Sarjana Hukum Diwisuda

STHG Tasikmalaya Cetak Lulusan Siap Kerja

195
0
DIWISUDA. Sebanyak 61 mahasiswa Sarjana Hukum (S1) STHG Tasikmalaya Tahun Akademik 2018-2019 diwisuda, Sabtu (29/12). UJANG NANDAR / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Sekolah Tinggi Hukum Galunggung (STHG) Tasikmalaya mencetak lulusan berkualitas dalam Wisuda Sarjana Hukum (S1) Tahun Akademik 2018-2019. Mereka pun mampu bekerja di berbagai bidang, tanpa terpaku pada bidang hukum.

Ketua STHG Tasikmalaya Dwiadi Cahyadi SH MHum mengatakan, selama ini lulusan STHG cukup banyak serapannya. Bahkan serapan itu tidak hanya di bidang hukum saja, melainkan di berbagai macam aspek kehidupan masyarakat.

“Mulai dari tenaga ahli di perusahaan, PNS, pemerintah daerah dan masih banyak bidang lainnya untuk advokat hanya sebagian kecil saja,” kata dia usai wisuda di Kampus STHG Tasikmalaya, Sabtu (28/12).

Kata dia, tahun ini ada 61 mahasiswa yang mengikuti wisuda S1. Diharapkan, para lulusan ini mampu memanfaatkan ilmu hukum yang dipelajari selama ini dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya lulusan STHG, masyarakat bisa lebih tertib dan terarah. Yang kita harapkan itu semua masyarakat mengetahui hukum untuk lebih tertib,” ujar dia.

Lanjut dia, diharapkan juga para lulusan ini bisa mengembangkan usaha atau berwiraswasta. Itu pun tanpa mengecilkan bekerja di lembaga lainnya. “Karena berwiraswasta ini bisa menyerap tenaga kerja,  sebagai advokat, notaris dan lainnya,” harapnya.

Staf Ahli Bidang Kemasya­ra­katan Pemerintah Kota Tasik­malaya H Undang Hendiana mengatakan, lulusan STHG ini mampu mendorong masyarakat sadar akan ilmu hukum dengan terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Karena menimba ilmu itu tidak hanya sampai di jenjang perguruan tinggi saja,” ungkap dia.

Kemudian, kata dia, lulusan juga harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan tenaga ahli yang mengedepankan ilmu akademik. “Saya kira itu yang saat ini dibutuhkan oleh negara khususnya Kota Tasikmalaya di era digital saat ini,” tandasnya.

Kasubag Hukum Kepegawaian dan Tata Laksana LLDIKTI Wilayah IV Atin Apiatin SSos MSi mengatakan, dilaksanakannya wisuda merupakan sebuah prestasi yang patut diapresiasi, disyukuri dan dibanggakan. Nantinya akan mengisi dan mewarnai pembangunan.

Karena, kata dia, daya saing bangsa ditentukan oleh pendidikannya, terlebih di era globalisasi ini tuntutan terhadap pelayanan kepada masyarakat pada berbagai bidang khususnya bidang ilmu hukum tidak dapat ditawar lagi, baik masa kini maupun masa yang akan datang.

“Pelayanan yang berkualitas tidak mungkin diwujudkan tanpa SDM berkualitas. Kualitas di sini diartikan sederhana, yaitu bagi perguruan tinggi tentu mengikuti sistem dan standar yang telah ditentukan serta mampu memberikan kepuasan kepada penggunanya,” katanya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.