Ajak Mahasiswa Baru Tanam Pohon

STIA YPPT Priatim Peduli Kelestarian Lingkungan

35

TASIK – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) YPPT Priatim Tasikmalaya melakukan penanaman pohon di wilayah Cikatomas, Pancatengah dan Cipatujah. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pekan Orientasi Kehidupan Kampus (POKUS) 2018.

Ketua STIA YPPT Priangan Timur Tasikmalaya Dr Ani Heryani SSos MSi mengatakan, POKUS merupakan kegiatan orientasi mahasiswa baru yang bertujuan memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

Di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus. Hal ini dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studi mahasiswa di perguruan tinggi.

“POKUS ini dapat dijadikan titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan ini juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas,” kata Ani kepada Radar, Senin (9/10).

Ia mengatakan, melalui POKUS ini pihaknya ingin memberikan bekal awal agar mahasiswa memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air dan berdaya saing global. “Kegiatan POKUS selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk tahun ini kegiatan Pokus diikuti sebayak 463 mahasiswa,” ungkapnya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kata ia, kegiatan POKUS ditutup dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kali ini dalam bentuk penanaman pohon di berbagai wilayah di Kabupaten Tasikmalaya.”Hal ini sesuai tema yang diusung tahun ini yakni Melestarikan Lingkungan Hidup,” jelas dia.

Kegiatan penanaman pohon ini, sambungnya, dibagi 4 kelompok ada yang menanam pohon di wilayah Kecamatan Cikatomas, di Kecamatan Pancatengah sedangkan dua kelompok lagi di wilayah Cipatujah. “Adapun penanaman pohon di Cikatomas dan Pancatengah sudah dilaksanakan pada hari Kamis (4/10),” ujarnya.

Untuk di wilayah Cikatomas, mahasiswa melakukan penanaman pohon di Bumi Perkemahan, untuk wilayah Pancatengan dilakulan di objek wisata Curug Dengdeng. Pada pelaksanaan penanaman pohon ini  bekerjasama dengan Muspika, Gerakan Pramuka Kwartir Cikatomas, kelompok pecinta alam QC, KNPI Kecamatan dan Karangtaruna, “Pohon yang ditanam sebagai peneduh, ada juga buah-buahan,” katanya.

Selain itu, penanaman pohon dilakukan di wilayah Cipatujah Selasa (9/10). Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, Kodim 0612 serta Muspika Kecamatan Cipatujah. “Di wilayah Cipatujah dilakukan dalam rangka hari habitat dunia dan HUT TNI ada penanaman pohon mangrove dan membersihkan pesisir pantai bersama-sama dengan Dibas Lingkungan Hidup dan Kodim 0612” papar Ani.

Penanaman pohon ini, sambungnya, merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi. Selain itu, untuk pengenalan kepada mahasiswa baru bahwa poin dari tridarma perguruan tinggi itu ada pengabdian masyarakat. “Pengabdian masyarakat kali ini kita fokuskan kepada lingkungan hidup dan penataan objek wisata,” kata dia.

Tambahnya, melalui kegiatan ini STIA ingin membantu pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk melestarikan alam dan penataan objek wisata. “Ini bentuk komitmen kami dalam membantu pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Lokasi penanaman pohon sengaja dilakukan  di wilayah Selatan Tasikmalaya karena lokasi tersebut memang membutuhkan pelestarian alam. “Sekalian meperkenalkan lokasi perkemahan baru dan objek wisata kepada mahasiswa,” jelasnya. Ani berharap, dengan kegiatan penanaman pohon ini bisa mambantu melestarikan alam dan membentuk karakter mahasiswa yang cinta lingkungan. (ujg/adv)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.