Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

STIKes BTH Siapkan SDM Menghadapi Revolusi Industri 4.0

27
0
PAPARKAN. Pemateri yang berasal dari salah satu universitas di Malaysia Prof Hamidah Hassan menyampaikan materi soal perkembangan teknologi di Ball Room Hotel Santika Tasikmalaya, kemarin (5/10). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
PAPARKAN. Pemateri yang berasal dari salah satu universitas di Malaysia Prof Hamidah Hassan menyampaikan materi soal perkembangan teknologi di Ball Room Hotel Santika Tasikmalaya, kemarin (5/10). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

CIHIDEUNG – Untuk kedua kalinya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada (STIKes-BTH) Tasikmalaya menyelenggarakan seminar BTH Health Science International Conference di Ball Room Hotel Santika Tasikmalaya, Sabtu (5/10).

Kali ini kegiatan tersebut bertema Health Science Research and Health Workforce Empowerment to Face Industry Revolution 4.0 The 2nd BTH-HSIC Saturday-Sunday (5-6/10).

Dengan menghadirkan pemateri Prof Hamidah Hassan dari Linton International University Malaysia, Prof Ratana Lawung Ph.D dari Mahidol University Thailand, Dr Amirah M Ghazali dari University Sains Malaysia dan Dr Carol Fe Gariando Ph.D dari Centro Escolar University Philippines.

Selain seminar, diadakan pula presentasi hasil penelitian dan karya ilmiah para dosen dan mahasiswa yang menjadi peserta seminar melalui bentuk presentasi power point lewat pameran poster bergambar hasil penelitian yang dipasang di luar ruang kegiatan.

Ketua Panitia Penyelenggara Seminar dari STIKES BTH Tasikmalaya Gatut Ari Wardani MSc menjelaskan acara ini merupakan seminar internasional di bidang kesehatan yang pesertanya dari kalangan perawat, apoteker, tenaga farmasi, optometri dan tenaga medis lainnya.

Seminar kesehatan internasional ini, kata Gatut, terselenggarakan atas kolaborasi STIKES BTH Tasikmalaya bersama Universitas Bakti Kencana, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia, Sekolah Tingga Ilmu Kesehatan (STIKES) AL-Irysad Cilacap dan Akaper.

Untuk peserta seminar, jelas dia, baik dosen maupun mahasiswa dari beberapa universitas di Priangan Timur dan nasional seperti dari Universitas Padjajaran, Universitas Setiabudi Surakarta, Universitas Bakti Kencana Tasikmalaya dan sekolah tinggi ilmu kesehatan lainnya. Termasuk para tenaga kesehatan.

Tujuannya sendiri, terang dia, untuk memfasilitasi teman-teman dosen atau mahasiswa mempublikasikan karya-karya ilmiah berupa artikel ilmiah di bidang kesehatan yang dipublikasikan lewat seminar dan pameran poster kepada peserta seminar.

Di samping itu, sambung dia, memberikan pengetahuan penting bagi peserta seminar tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan lewat pemaparan pemateri dari berbagai universitas luar negeri dari Malaysia, Thailand dan Philipina.

Pada intinya, tambah dia, mendorong generasi muda, mahasiswa atau tenaga kesehatan untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0.

“Jadi lewat seminar ini, penguatan pengetahuan dan skill bagi tenaga kesehatan atau keperawatan untuk meningkatkan keilmuan dan SDM-nya,” ungkap dia.

Ketua Stikes BTH Tasikmalaya Hj Enok Nurliawati SKp MKep mengatakan tujuan dari acara seminar untuk sharing pengetahuan, hasil riset perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang kesehatan.

“Lewat seminar ini, kita harapkan para dosen dan mahasiswa mampu mempublikasikan hasil-hasil riset dan penelitiannya sehingga bisa manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas,” paparnya.

“Insya allah peserta seminar termasuk dosen, mahasiswa dan tenaga kesehatan merasakan manfaatnya. Lewat sharing pengetahuan dan ilmu yang didapatkan dari pemateri baik ahli pakar keperawatan, pakar teknlogoli laboratorium medik, ahli farmasi dan otometri,” tambahnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.