Stir Mendadak tak Berfungsi, Bus Pariwisata Nyaris Masuk Jurang di Ciamis

550
0

CIAMIS – Bis Pariwisata MGI Nopol D 7692 AS terjungkal dan nyaris masuk selokan dengan kedalaman 10 meter, Minggu (24/11) sekitar pulul 15.30.

Peristiwa terjadi di Jalan Raya Ciamis- Banjar, tepatnya Dusun Kidul RT 10/01 Desa/Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Sebanyak 35 penumpang berikut sopirnya, Faisal Syarif (31) warga Jalan Nagrek V Blok I 30 RT 001 /019 Kelurahan Setiamekar Kecamatan Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, berhasil selamat.

Hamjah (34) warga sekitar menjelaskan kepada Radar, saat peristiwa terjadi, kebetulan dirinya sedang berada di depan rumah, tak jauh dari lokasi kejadian.

Saat itu, melihat ada mobil bus Pariwisata MGI dari dari arah Kota Banjar menuju arah Ciamis.

Ketika bus melaju di tikungan, kata dia, tiba-tiba bus bergerak ke arah kanan jalan, dimana ada jurang yang di bawahnya ada sekolah dan kolam.

“Saya melihat Bus Pariwisara MGI itu terperosok dan nyaris ke jurang sedalam 10 meter. Beruntung semua penumpang bergegas keluar dari pintu belakang. Sekitar 35 penumpangnya selamat berikut sopir,” jelasnya.

Melihat insiden, lanjut dia, pihaknya beserta warga sekitar bergegas mencoba memberikan pertolongan.

“Saat itu lagi turun hujan. Saya sempat menanyakan kepada sopirnya tentang kondisinya. Sang sopir mengaku bagian setirnya macet tidak berfungs,” ungkapnya.

Kasubag Humas Polres Ciamis Hj Iis Yeni Idaningsih membenarkan insiden yang menimpa Bus Pariwisara MGI Nopol D 7692 AS yang alami kecelakaan di Jalan Raya Cijeungjing. Berdasarkan olah tempat kejadian dan keterangan saksi-saksi, bahwa kecelakaan tunggal. Diketahui bahwa bis itu dikemudikan oleh Faisal Syarif berpenumpang 35 orang melaju dari arah timur Kota Banjar menuju arah Barat Kabupaten Ciamis, setibanya di jalan Kecamatan Cijeungjing, dengan kondisi hujan gerimis mendapati jalan menikung kemudian tergelincir mengalami oleng sehingga tidak terkendali dan nyaris masuk ke jurang yang dibawahnya selokan.

” Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, semua penumpang berhasil cepat keluar dan semuanya selamat, ” jelas Iis.

Iis menambahkan, berdasarkan pengakuan sopir bagian stir tidak berfungsi, namun dalam kejadian ini masih dalam penyelidikan.

“Bisa saja karena faktor jalanan yang licin ditambah sulit mengendalikan setirnya. Untuk kejadian ini ditangani Satuan Lantas Polres Ciamis,” tuturnya.

(Iman sr)

Loading...
loading...