Stok Darah AB Kosong

132
MENUNJUKKAN. Petugas UDD PMI Kabupaten Tasikmalaya Endan menunjukkan stok darah yang tersedia Kamis (12/7).

TASIK – Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tasikmalaya semakin menipis. Terlebih untuk golongan darah AB yang tidak tersedia sama sekali, Kamis (12/7).

Petugas UDD PMI Kabupaten Tasikmalaya Endan mengatakan sudah beberapa hari stok darah golongan AB kosong. Kemudian untuk golongan darah A, B dan O juga terus menipis dan tidak cukup memenuhi kebutuhan setiap harinya.

“Setiap hari kebutuhan mencapai 50-60 labu darah berbagai golongan. Tapi terkadang selalu kekurangan, mengingat satu pasien bisa membutuhkan dua sampai tiga labu,” ungkapnya kepada Radar kemarin.

Endan menjelaskan stok darah yang tersedia saat ini diantaranya untuk golongan darah A tersedia 4 labu, golongan darah B ada 20 labu dan golongan O tersedia 20 labu. Sedangkan untuk darah AB tidak tersedia sama sekali.

“Apabila stok darah habis selalu minta ke UDD lain. Atau keluarga pasien membawa pendonor, tapi itu pun biasanya tidak cukup,” paparnya.

Upaya yang dilakukan untuk memenuhi stok darah diantaranya jemput bola dengan mendatangi tempat umum seperti sekolah, lembaga pemerintah untuk mencari pendonor darah. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.