Stok Kedelai di Garut Aman, Harga Melambung

26
0
MELAYANI. Salah satu pedagang tahu dan tempe melayani konsumen. Dia masih menjual tahu dengan harga normal meski dia mengaku hanya punya keuntungan tipis.
Loading...

TAROGONG KIDUL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut memastikan stok kedelai aman hingga tiga bulan kedepan.

Meskipun harga kedelai mengalami lonjakan harga mencapai 30 persen.

Kepala Bidang Perdangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Kabupaten GarutErwin Rianto Nugraha mengatakan harga eceran kedelai impor mengalami kenaikan dari Rp8.500 menjadi sekitar Rp11 ribu.

“Harga kedelai lokal malahan sekarang justru dibawah harga,”katanya saat ditemui di kantor Disperindag dan ESDM Jalan Merdeka Nomor 219 Tarogong Kidul, Selasa (5/1).

Ia menuturkan berdasarkan rilis dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Kenaikan harga itu dipicu kebutuhan kedelai nasional yang hampir 90 persen bergantung dari impor. “Saat ini Kementerian Perdagangan sedang mappingketersediaannya stoknya, kami juga sudah melaporkan hal itu, termasuk fluktuasi harga sekarang,”ujarnya.

Loading...

Ia menilai kenaikan harga tersebut, sesuai keterangan kemendag, menjadi fenomena dan persoalan global. “Kedelai dari Amerika menjadi perebutan semua negara, dan berdampak terhadap Indonesia,” tuturnya.

Baca juga : Warga Minta Jembatan Bangbayang Cibalong Garut Diperbaiki

Sementara itu, menyikapi naiknya harga pihaknya melalukan beberapa langkah salah satunya memantau harga kedelai dan melaporkan hasil pantauanya ketingkat provinsi hingga ke pusat. “Sesuai tupoksi, kami memonitor tentang harga yang terjadi dilapangan,” katanya.

Selain itu , pihaknyamelakukan koordinasi dengan bidang lingkup Industri untuk memastikan pelaku Industri kecil menengah (IKM) untuk mencarikan solusi agar tetap bisa berjualan meskipun harga saat ini mengalami kenaikan harga.

Erwin melanjutkan, berdasarkan informasi bahwa panen raya akan terjadi pada Maret mendatang, ia memperkirakan harga mulai stabil pada satu bulan kedepan. (son)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.