Stok Kurang, Warga Kota Banjar Diminta untuk Donor Darah

18
0
DONOR DARAH. Pendonor sukarelawan mendonorkan darahnya di mobil unit transfusi darah belum lama ini. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
DONOR DARAH. Pendonor sukarelawan mendonorkan darahnya di mobil unit transfusi darah belum lama ini. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
Loading...

BANJAR – Stok atau persedian daerah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Banjar di awal tahun ini mulai menipis. Humas Unit Transfusi Darah PMI Kota Banjar Alfan Nur Rohman mengatakan stok darah saat ini ada sebanyak 32 labu darah.

Golongan darah A 8 labu, B 8 labu, O 14 labu dan AB 2 labu. Kata dia, dari jumlah labu darah sebanyak 27 labu sudah ditandai atau dipesan pasien. “Stok sisa 5 labu lagi dan itu bisa saja habis saat ini jika ada permintaan dari keluarga pasien,” ujar dia kepada wartawan, Senin (4/1).

Dia mengatakan menipisnya stok darah saat ini lantaran tingginya permintaan akan kebutuhan darah dari pasien di rumah sakit. Apalagi pasien thalasemia yang setiap harinya membutuhkan darah.

Kata dia, untuk memenuhi persediaan darah, pihaknya terus bergerak melakukan kegiatan donor darah keliling. Dari keluarga pasien yang membutuhkan darah yakni donor pengganti. “Selain itu, kita juga masih mengandalkan dari para sukarelawan yang selalu rutin melakukan donor darah,” ujarnya.

Baca juga : Nambah Lagi, 3 Orang Warga Kota Banjar Positif Covid-19

Loading...

Diakuinya, masih masa pandemi Covid-19 saat ini semua Unit Donor Darah mengalami hal yang sama: kekurangan stok darah. Sehingga tidak bisa melakukan dropping dari luar daerah.

Terlebih, saat ini kegiatan masih belum maksimal karena tidak boleh banyak orang yang nanti malah menimbulkan kerumunan. “Dalam sebulan UTD PMI Kota Banjar membutuhkan sekitar 800 sampai 1.000 labu kantong darah,” ujarnya.

Salah seorang pendonor sukarelawan, Dina mengaku rutin melakukan donor darah untuk membantu sesama, terlebih mereka yang sangat membutuhkan darah khususnya pasien thalasemia.

“Rutin lakukan donor darah, kadang ajak teman, sahabat untuk donor darah. Alhamdulillah mereka mau juga donor, kita tergerak ingin membantu sesama demi kemanusian,” ujarnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.