Stok Rapid Test Antibodi untuk Warga Kota Banjar Terbatas

88
0
RAPID TEST. Warga Kota Banjar saat menjalani rapid test di Lapang Tenis Pendopo Kota Banjar Rabu (23/12).
RAPID TEST. Warga Kota Banjar saat menjalani rapid test di Lapang Tenis Pendopo Kota Banjar Rabu (23/12).
Loading...

BANJAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar sebagai pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, masih melaksanakan pemeriksaan rapid test antibodi rutin di Lapang Tenis Pendopo Kota Banjar.

Pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana Ekaputra mengatakan pemeriksaan melalui rapid test antibodi masih rutin dilakukan sampai saat ini. Itu bagi masyarakat, pekerja yang ingin keluar daerah.

“Stoknya masih ada sekitar 600 lebih kit dan tidak ada penambahan rapid test antibodi, apalagi pengadaan rapid antigen yang baru saat ini,” kata dia kepada wartawan, Rabu (23/12).

Baca juga : Masuk Kota Banjar, Pendatang Harus Langsung Isolasi Mandiri

Meski saat ini sudah ada pemberlakuan rapid test antigen, tapi rapid test antibodi masih dilakukan sebagai screening awal pemeriksaan seseorang terpapar virus corona atau tidak. Jika hasilnya reaktif rapid test, maka yang bersangkutan harus melaksanakan swab test untuk pemeriksaan selanjutnya. Guna memastikan terpapar (tertular) atau tidaknya wabah Covid-19.

Loading...

“Pemeriksaan rapid antigen tidak jauh berbeda dengan rapid test antibodi. Jika hasilnya positif (reaktif, Red) maka sama dilanjutkan PCR atau swab test, menentukan hasil positif atau negatif Covid-19 tidaknya,” kata dia menjelaskan.

Agar masyarakat tidak mudah terpapar atau tertular wabah Covid-19, maka penerapan protokol kesehatan atau 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun harus diperketat lagi.

Apalagi saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Banjar terus bertambah sehingga penerapan dan kesadaran prokes perlu ditingkatkan di masyarakat. “Mari kita sama lawan dan perangi virus corona,” ujarnya mengajak. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.