Picu Masyarakat Supaya Tidak BABS

Stop Buang Tinja di Sawah

150
0
PEMICUAN ODF. Warga di RT 01 RW 02 Kampung Cikadu Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu difoto bersama usai mengikuti pemicuan Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman, Jumat (28/6). Tina Agustina / Radar Tasikmalaya
Loading...

KAWALU – Warga di RT 01 RW 02 Kampung Cikadu Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu mengikuti pemicuan open defecation free (ODF) yang dilaksanakan oleh tim dari Puskesmas Kawalu dan Satgas Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman (Saniman).

Kepala Puskesmas Kawalu H Asep Hermawan MMKes MHKes menuturkan, program pemicuan sudah menjadi program rutin dari puskesmas. Terlebih saat ini wilayah Kelurahan Talagasari menjadi peserta Jawara ODF sehingga targetnya bisa menjadi kelurahan ODF di tahun ini.

“Di Talagasari ini ada 7 RW. Kita sudah pemicuan di beberapa RW lain. Dengan sasaran adalah masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan. Artinya, masyarakat itu tidak hanya harus punya toilet, tapi juga pembuangan dari toilet itu, tidak ke selokan, kolam atau sungai, tapi harus ke septic tank,” katanya.

Melalui pemicuan, kata Asep, diharapkan masyarakat menjadi paham sehingga ada perubahan perilaku menuju sanitasi yang aman juga tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan.

“Di wilayah Kawalu ini, masih ada warga yang kalau saat musim kemarau, buang air besarnya ke sawah. Inilah yang kita cegah, supaya tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan,” ujar dia.

Senada dengan yang disampaikan Asep, Ogi Hakiki, Satgas Jawara ODF dari perwakilan Babinsa menjelaskan, dengan adanya pemicuan dari puskesmas dan Satgas, harapannya informasi kepada masyarakat akan pentingnya sanitasi bisa tersampaikan. “Lewat pemicuan ini, kita ingin menyampaikan pesan kalau sanitasi itu penting. Tidak boleh ada yang buang air besar di sembarang tempat. Kalau musim kemarau, karena kondisi wilayahnya masih banyak pesawahan, ya ada saja yang buang air besar di sawah. Inilah yang kita cegah,” tuturnya.

Pemicuan diawali dengan mengumpulkan ibu-ibu yang ada di sekitar Kampung Cikadu. Mereka diberikan arahan untuk melakukan pemetaan wilayah tempat tinggalnya untuk mengetahui seperti apa kondisi wilayah. Kemudian peserta pemicun diberikan gambaran tentang ke mana pembuangan tinja seharusnya, yaitu ke septic tank, supaya tidak mencemari lingkungan. (tin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.