Stop Hoax, Ciptakan Pemilu Damai

5
DEKLARASI. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama bupati dan perwakilan partai politik saat deklarasi pemilu damai Minggu (23/12). (yana taryana / radartasikmalaya.com)

KARANGPAWITAN – Polres Garut mengadakan deklarasi pemilu damai bersama seluruh partai politik, masyarakat serta Forum Pimpinanan Daerah (Forkopimda) di Mapolres Garut Minggu (23/12).

Deklarasi yang dipimpin Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto ini untuk menjaga agar seluruh elemen masyarakat tetap rukun sehingga menciptakan Pemilu 2019 damai dan lancar.

“Kita minta agar deklarasi ini dilaksanakan hingga kecamatan,” ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto kepada wartawan.

Dia pun tetap berusaha dan meminta agar masyarakat tetap tenang, tidak terpancing isu yang merugikan. “Mari kita lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan, bangun ketertiban masyarakat agar Pilpres dan Pileg ini aman,” terangnya.

Untuk mewujudkan Pemilu berkualitas, kata dia, pihaknya telah menginstruksikan agar seluruh Polres Kota/Kabupaten di Jawa Barat bekerja keras menjaga keamanan dan ketentraman. “Intinya seluruh kapolres harus siap,” ujarnya.

Agung juga mengingatkan masyarakat supaya tetap tenang, menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, jauhi upaya adu domba dan hasutan yang mengarah terganggunya kondusivitas warga.

Tidak hanya itu, cepatnya arus informasi yang berkembang harus digunakan dengan bijak, sehingga tidak menimbulkan persoalan baru di tengah-tengah warga.

“Penyebaran konteks berita fitnah, ancaman, hasutan, persekusi dan lainnya yang berpotensi menimbulkan persoalan dapat diproses secara hukum, sehingga masyarakat diimbau untuk tidak menyebarkan berita hoax,” terangnya.

Kapolda mengimbau seluruh masyarakat jika mendapatkan informasi yang berbau hoax, sebaiknya mengecek dulu kebenarannya. “Jangan asal telan dan langsung disebar. Karena itu masuk pidana,” tegasnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.