Stroke Bisa Menyerang Anak Muda

99
0
PAPARKAN. Dokter Spesialis Saraf dr Fuad Hanif SpS MKes saat diwawancara Radar mengenai penyakit stroke beberapa waktu lalu. Anto Sugiarto/Radar Tasikmalaya 
PAPARKAN. Dokter Spesialis Saraf dr Fuad Hanif SpS MKes saat diwawancara Radar mengenai penyakit stroke beberapa waktu lalu. Anto Sugiarto/Radar Tasikmalaya 

BANJAR – Jika Anda berpikir stroke hanya bisa dialami oleh para lansia, berarti Anda salah. Nyatanya, stroke bisa juga diidap oleh segala usia mulai dari anak muda hingga lansia. Semua berpotensi terserang penyakit tersebut. Hal itu dikatakan Dokter Spesialis Saraf dr Fuad Hanif SpS MKes.

Dia menjelaskan, kasus stroke di usia muda saat ini sudah banyak ditemukan di kota-kota besar, termasuk di Kota Banjar.

“Usia muda kan masa produktivitasnya tinggi, namun apa jadinya jika menderita stroke. Nanti akan menimbulkan depresi, stress dan lainnya,” ujarnya saat diwawancara di Klinik Saraf Medika Banjar Sabtu (29/2).

Kata dia, stroke usia muda diidap terjadi pada usia 15-40 tahun. Hal ini perlu diantisipasi sejak dini. Para generasi muda jangan sampai menderita stroke.

Faktor yang memicu stroke di usia muda yakni adanya penyumbatan pembuluh darah.

“Penyebabnya yaitu merokok, penyakit gula atau diabetes, jantung, hipertensi, obesitas, terlalu banyak mengonsumsi junk food dan lainnya,” katanya.

Loading...

Stroke usia muda, kata dia, bisa membuat pendarahan di otak yang disebabkan oleh virus, infeksi dan bakteri. Selain itu, kelainan irama jantung, gangguan pada darah, pembentukan sel darah merah, darah putih, trombosit juga bisa picu stroke.

Tidak hanya itu saja, stroke usia muda juga bisa disebabkan oleh kelainan trauma di kepala, leher yang terpelintir saat melakukan pergerakan peregangan leher.

“Stroke usia muda juga bisa terjadi pada kasus HIV, penggunaan obat-obatan psikotropika. Stroke juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Namun yang paling rentan pada orang yang obesitas, perokok dan diabetes,” jelasnya.

Kata dia, upaya melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit stroke di usia muda yakni harus menjaga pola makanan dan minum yang sehat. Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman siap saji, dan biasakan olahraga teratur.

Dia mengatakan, untuk pengobatan stroke usia muda biayanya cukup tinggi dan ini menjadi permasalahannya. Karena tahap awal yang dilakukan melalui proses screening, bisa juga CT scan. Hal ini dilakukan di Bandung.

Itu belum pemeriksaan lainnya, harus dicek apakah ada penggumpalan darah atau tidak. Pemeriksaan trombosit, kolesterol, Hb dan pemeriksaan organ dalam tubuh lainnya yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Sejak dini bisa dilakukan pemeriksaan ke dokter dan terapkan pola hidup sehat dan aktif,” katanya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.