STT YBSI Kota Tasik Berkarya & Berprestasi

133
0
Renny Ressy

TASIK – Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional (STT YBSI) Tasikmalaya membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) secara online. Hal ini sebagai penerapan social distancing.

Kepala Humas dan Kerja Sama STT YBSI Tasikmalaya Reni Ressy mengatakan pendaftaran via daring ini dilakukan dengan cara meng-klik link www.sttybsi.ac.id/pendaftaran.

Bahkan calon mahasiswa yang mendaftar pada gelombang 1 ini bisa mendapatkan gratis biaya pendaftaran.

Hal ini untuk membantu meringankan beban biaya daftar masuk perguruan tinggi, khususnya bagi calon mahasiswa terdampak langsung Covid-19.

“Pendaftaran gelombang 1 ini berlangsung mulai tanggal 1 April sampai dengan 10 Juli 2020,” kata Ressy kepada Radar, Jumat (8/5).

Adapun proses seleksi mahasiswa baru, menggunakan nilai rapor terakhir atau semester 5 di SMA/sederajat. Jadi tidak ada seleksi ujian masuk perguruan tinggi.

KOMPAK. Mahasiswa Teknik Mesin Otomotif STT YBSI foto bersama usai kegiatan Februari lalu. STT YBSI saat ini membuka PMB secara online.
KOMPAK. Mahasiswa Teknik Mesin Otomotif STT YBSI foto bersama usai kegiatan Februari lalu. STT YBSI saat ini membuka PMB secara online.
Loading...

Ressy mengatakan, berhentinya kegiatan sekolah membuat berkurangnya akses informasi perguruan tinggi kepada siswa yang akan melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi.

Sehingga perlu kerja keras ekstra dari pihak perguruan tinggi agar tetap bisa meraih mahasiswa baru sesuai target yang telah ditetapkan atau target rata-rata PMB tiap tahun.

“Beberapa program gratis diselenggarakan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan keterampilan atau hardskill siswa yang harus berhenti sekolah di tengah pandemi ini,” katanya.

Makanya, STT YBSI menyusun program kursus atau training sistem daring untuk meningkatkan kembali semangat belajar siswa yang sudah terlalu lama harus melaksanakan learning from home sesuai anjuran pemerintah.

“Program pelatihan gratis ini untuk siswa yang mempunyai minat tinggi untuk belajar daring dan tetap di rumah saja. Program ini tidak hanya diikuti oleh siswa Kota Tasikmalaya, tetapi diikuti pula oleh siswa dari berbagai daerah di Jawa Barat,” ujarnya.

Lanjutnya, Kampus STT YBSI dengan Program S1 Teknik Informatika dan Teknik Mesin Otomotif hadir di Kota Tasikmalaya dengan motto Berkarya dan Berinovasi, Kuliah Tidak Sekedar di Kelas. Mahasiswa STT YBSI pun dibimbing untuk berperan aktif dalam wirausaha mandiri.

“Program kami, merangkul dan merekrut mahasiswa baru untuk bergabung dalam Kelompok Wirausaha Bidang Teknologi. Mereka berperan aktif pada bidang yang diminati seperti instruktur  private atau kursus pemrograman, service PC dan laptop, jasa desain, internet of things dan augmented reality,” ujarnya.

Meskipun STT YBSI bukan kampus IT pertama di Kota Tasikmalaya, sambungnya, namun prestasi di bidang IT lebih unggul.

“Terbukti di tahun 2019 STT YBSI mendapatkan dua kejuaraan bergengsi yakni juara 1 Lomba Inovasi Kreatif Nasional bertempat di Unsil dan kami masuk the big ten International Creative Innovation yang diselenggarakan Universitas Widyatama Bandung pada akhir tahun 2019,” jelasnya.

Mahasiswa pun terus digiring untuk selalu mengikuti perkembangan IT dan dunia digital yang berkembang pesat sekarang ini.

“Untuk memotivasi mereka agar terus berkarya salah satunya didorong untuk mengikuti kejuaraan atau lomba inovasi,” pungkasnya. (rls/na)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.