Suami Istri Bertarung Rebutan Kursi Kades Padamulya Ciamis

269
0

CIAMIS – Demi menjaga demokrasi dalam pemilihan kepala desa, dan karena tak ada calon lain, akhirnya suami istri Haerudin (49) dan Yuliani (40) warga Kampung Ciawitali RT 9/8 Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, masing-masing mencalonkan diri dalam Pilkades 2020.

Diakui Ketua Panitia Pilkades, Nurhidayat, di wilayahnya yang daftar calon kepala desa hanya ada dua orang.

Uniknya, keduanya calon tersebut adalah pasangan suami istri. Calon Haerudin mendaftarkan diri tanggal 24 Januari jam 14.00. Dia berstatus sebagai wiraswastawan di Jakarta.

Pihaknya, kata dia, membuka kesempatan kepada yang masyarakat lain untuk ikut mendaftar, namun pada detik-detik penutupan tanggal 28 Januari sekitar pukul 15.00 ada yang daftar seoarang perempuan bernama Yuliani sebagi ibu rumah tangga.

“Saya sempat kaget, karena yang daftar itu tidak lain istrinya dari Haerudin yang daftar lebih awal. Tentunya menjadi lucu karena serumah malahan bertarung di Pilkades,” ujarnya.

Secara aturan, lanjut dia, meski suami istri daftar calon kades, diperbolehkan asal memenuhi persyaratan dan dilengkapi.

“Setelah semuanya di kroscek mereka melengkapi semua persararan yang telah ditentukan. Sehingga keduanya lolos dari verifikasi data dan mereka tinggal bertarung. Jujur kejadian ini baru pertama kali di daerahnya. Tahun sebelumnya justru lawanya berbeda, bukan suami istri,” terangnya.

Sekretaris DPMPD Kabupaten Ciamis Dian Budiyana menuturkan, bahwa di Ciamis ini, dalam perhelatan pilkades yang diikuti pasangan suami istri ada di dua kecamatan. Yakni Panawangan dan Cigaurbeuti.

” Mereka, suami istri bertarung di pilkades, namun beryukur sampai sekarang pilkade Ciamis kondusif, aman tidak ada persoalan,” tandasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.